» » » TIMOR LESTE MENDUKUNG DEKLARASI BASMI ILLEGAL FISHING

TIMOR LESTE MENDUKUNG DEKLARASI BASMI ILLEGAL FISHING

Penulis By on Kamis, November 01, 2018 |

Joaquim Jose Gusmao dos Reis Martins, Menteri Pertanian dan Kelautan Timor Leste


METRO MANADO.  Negara Timor Leste bersama 22 Negara lainnya menghadiri pertemuan The Archipelagic and Island State Forum ( AIS ) dari Tanggal 31 Oktober s/d 2 November Tahun 2018, di Grand Kawanua Internasional Convention Center,Manado Propinsi Sulawesi Utara.

Usai penandatanganan kesepakatan "Manado Declaration" , H.E.  Joaquim Jose Gusmao dos Reis Martins, selaku Minister of Agriculture and Fisheries, Timor Leste. Kepada media ini memberi penjelasan beberapa hal yang menjadi perhatian pihaknya terkait dengan terbentuknya AIS Forum.

Dikatakan, Joaquim, "Pihaknya sangat mendukung terbentuknya AIS Forum dan setuju dengan Deklarasi yang dihasilkan dalam pertemuan ini. Sebagai salah satu anggota, Timor Leste kedepanya mengharapkan akan ada lebih banyak kerja sama diantara sesama anggota AIS Forum.


Diakuinya, saat ini Timor Leste menghadapi sejumlah persoalan dan menjadi bahan masukan dalam pembahasan Deklarasi Manado, diantaranya terkait Issue Climate Change dan Illegal Fishing.

Penangan Illegal Fishing menurutnya sangat penting, sehingga perlu ada kerjasama diantara Negara-negra tetangga untuk membasmi Illegal Fishing. Seperti yang telah dilakukan antara Indonesia melalui Menko Kemaritiman dan Mentri Kelautan bersama Negara Timor Leste.



Antara kedua Negara selain kerja sama basmi Illegal Fishing, juga dibidang pengembangan Sumber Daya Manusia baik lewat pengiriman Mahasiswa untuk belajar di Indonesia dan dalam bentuk Training dan Workshop.

Timor Leste sangat menaruh perhatian besar terhadap Ilegal Fishing.  Bahkan Pihaknya selalu berkoordinasi dengan Indonesia sebagai Negara tetangga, jika ada indikasi terjadi Ilegal Fishing kemudian lari bersembuyi di Timor Leste maka pihaknya tidak akan mengeluarkan Izin Operasi terhadap kapal tersebut. ( jansen )






Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya