» » » TIDAK HADIR DALAM PEMBAHASAN RANPERDA. DPRD MINTA WALIKOTA EVALUASI KADIS PERKIM

TIDAK HADIR DALAM PEMBAHASAN RANPERDA. DPRD MINTA WALIKOTA EVALUASI KADIS PERKIM

Penulis By on Selasa, November 06, 2018 |


METRO MANADO-Dari tiga dinas di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang menyodorkan untuk kenaikan tipelogi kepada Paniti Khusus DPRD Manado, diperkirakan hanya Dinas Perkim yang gagal naik tingkat. Pasalnya, Dinas Perkim tak ada data penunjang dan alasan untuk kenaikan tipelogi. Bahkan, dalam setiap pembahasan Kepala Dinasnya yakni Deasy Lumowa tak pernah hadir. Dalam rapat pembahasan, Selasa (06/11/2018) ketidakhadiran Kadis Lumowa menjadi kritikan pedas Wakil Ketua DPRD Sulut, Richard Sualang yang saat itu mengikuti pembahasan.


"Masa diundang tak pernah datang. Saya akan sampaikan ini langsung kepada Walikota. Baru dilantik caranya sudah seperti itu. Masa tak mengharagai undangan dari lembaga DPRD. Apa lagi ini usulan eksekutif," kata Sualang dengan nada kesal.


Harusnya, kata dia, seorang pimpinan datang dan beri data yang diminta. "Masa pimpinan tak mampu mengolah bawahannya untuk lengkapi datanya. Kalau perlu saya sampaikan langsung ke wali kota agar dikembalikan ke tempat asalnya (Diknas)," tegas Sualang.


Ketua Pansus Revisi Perda Pembentukan dan Susuna OPD, Pinkan Nuah mengatakan bahwa Perkim mengusulkan naik tingkat dari B ke A.
"Tapi tak ada data penunjang. Kadisnya tak pernah hadir setiap rapat pembahasan," kata Pingkan.


Kepemimpinan di Perkim, kata dia akan diminta untuk kembali dievaluasi. Sebab tak bisa berkoordinasi dan komunikasi dengan baik bersama pihak DPRD. "Sudah ada usulan perda dari eksekutif tapi tak kooperatif. Tak datang, tak sediakan data.
Dari pihak DPRD sayangkan sikap itu. Padahal sudah dipercayakan di dinas yang baru, harusnya tunjukkan sikap bertanggung jawab dengan tugas," tandasnya.


Disisi lain, Walikota diminta untuk dapat mengkaji melakukan evaluasi kembali posisi atau jabatan Kepala Dinas Perkim, apalagi jabatan eselon dua itu sangat menentukan bidang kerjanya. Apalagi latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan jabatan.(jose)



Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya