» » » » TERKAIT KUA-PPAS 2019. KOMISI-KOMISI UNDANG MITRA KERJA

TERKAIT KUA-PPAS 2019. KOMISI-KOMISI UNDANG MITRA KERJA

Penulis By on Selasa, November 20, 2018 |


METRO MANADO-Sebelum dibahas lewat Badan Anggaran (Banggar). Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), maka setiap komisi wajib untuk mengetahui berbagai program yang diusulkan para mitra kerjanya.

Hal itu dibuktikan dengan diundangnya seluruh perangkat daerah ke setiap komisi di Dewan Kota Manado, guna mericeck berbagai program yang telah diajukan lewat Bapelitbang yang sudah tergambar dalam draf KUA-PPAS.


Secara serentak Komisi A, B, C dan Komisi D, Jumat (16/11/2018), terlihat sedang melakukan pembicaraan dengan mitra kerja di Ruang Komisi masing-masing.

Menurut Ketua Komisi C Lilly Binti, SE, perangkat daerah yang diundang hanya ditanyakan soal program kerja yang sudah di ajukan ke Bapelitbang. Perkim misalnya kita sudah tanaykan soal progeram.”Jadi Cuma Tanya soal program. Komisi C tidak berlama-lama menanyakan soal program karena memang kita hanya sebatas menanyakan pemngajuan program saja ,”ujar Binti.


Demikian pula komisi A. Ketua Komisi Royke Anter, mengundang semua mitra kerja, seperti Camat, dan mitra kerja lainnya.”Untuk membantu mitra kerja, maka sejumlah program yang sudah diajukan hanya di cek saja. Kewajiban untuk pembahasan anggaran adalah rana Badan Anggaran. Jadi setelah mereka menjelaskan program meraka, maka semua diserahkan keapda banggar,”tandas Anter.



Sementara itu, Komisi B juga mengundang Dinas Penanaman Modal dan pelayanan satu pintu (DPM-PTSP). Komisi B melalui Sekretaris Komisi Lilly Walandha MBA, kepada wartawan menjelaskan, pihaknya hanya melihat Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan didalam RKA tergambar program kerja setiap OPD.”Kita hanya sebatas membantu, apakah program yang disampaikan OPD sesuai dengan kebutuhan. Nah jika sudah sesuai dengan kebutuhan, maka selanjutnya kita serahkan ke banggar. Kan setiap fraksi atau komisi ada perwakilan di Banggar,”kata Walandha.


Dikomisi D sebagaimana pantauan metromanado, mereka mengundang Dinas pendidikan, Dinas Kesehatan dan mitra kerja lainnya.
Sama halnya dengan komisi A, B dan C. Komisi D hanya sebatas menanyakan program saja.”Kita tidak menanyakanberapa besaran anggaran yang diusulkan, tetapi kami bicara soal program. Itu intinya,”kata Wakil Ketua Diana Pakasi.
Dari pantauan metromanado, OPD yang mendatangi komisi adalah, Dinas Perkim, Dinas Ctatan sipil, BP2R, dinas kesehatan, para camat, bagian pemerintahan dan humas, bagian perlengkapan, infokom, PDAM, PD Pasar, Dinas PUPR, dan bagian umum Sekretariat DPRD Manado.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya