» » » » RANPERDA TIBUM BAKAL MASUK HINGGA WARUNG KECIL

RANPERDA TIBUM BAKAL MASUK HINGGA WARUNG KECIL

Penulis By on Rabu, November 14, 2018 |


METRO MANADO-Rancanagn Peraturan Dearan (Ranperda) Ketertiban Umum (Tibum) bakal mengatur soal penjualan minuman keras lewat warung-warung kecil. Demikian ditegaskan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Tibum Syarifudin Saafa kepada sejumlah wartawan, bertempat di kantor DPRD Manado, Rabu (14/11/2018) sore tadi.

Menurut Saafa, penegasan mengenai peraturan soal penjualan minuman keras di warung-warung kecil, tidak bermaksud untuk melemahkan pengusaha atau pemilik warung kecil yang menjual minuman keras, tetapi lebih mengarah kepada pengaturan guna menghindari terjadinya penyalahgunaan minuman beralkhohol.

Dia kemudian mencontohkan, bahwa warung kecil penjual minuman keras diharuskan memiliki izin dari Pemerintah Kota Manado atau pihak kepolisian.

“Lihat saja nanti jika Ranperda selesai dibahas dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda). Jadi kewajiban setiap warung yang sudah mengantongi izin minuman beralkhohol harus mentaati penjabaran peraturan daerah. Sebagai contah adalah, si pembeli minuman harus berusia dewasa sebagaimana yang nantinya digambarkan lewat perda,”tegas Saafa.

Disisi lain kata Saafa, pemberian izin penjualan minuman beralkhohol nantinya, tidak bermaksud melangkahi tugas aparat yang berwenang.

”Jadi kita tidak bermaksud melangkahi tugas pihak terkait, Buktinya, walaupun dilarang, tetapi ada juga warung kecil yang menjual minuman beralkhohol. Jadi kita membuat aturan tetapi ada hal-hal yang tidak bisa dilanggar, termasuk yang mengkomsumsi alkhohol. Pokoknya kita lihat nanti. Yang pasti kita akan bikin supaya perda ini akan membuat masyarakat termasuk para pengusaha warung di kota Manado lebih aman dan nyaman,”tandas politisi PKS ini.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya