» » » PANSUS DAN EKSUKUTIF BAHAS RANPERDA KETERTIBAN UMUM

PANSUS DAN EKSUKUTIF BAHAS RANPERDA KETERTIBAN UMUM

Penulis By on Senin, November 05, 2018 |


METRO MANADO - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Manado pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Ketertiban Umum, selesai bahas sudah 4 tertib. Senin (5/11/2018) pansus menggelar rapat penyesuaian bersama pihak eksekutif. Ketua Pansus Syarifudin Saafa mengatakan bahwa dalam rapat tersebut itu di dasar umum ada kurang lebih 7 poin yang ditambahkan.

"Kemudian judul ranperda akan diubah menjadi Ranperda Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Makanya diketentuan umum akan ditambahkan divisinya," terangnya.
Kemudian kata Saafa, pihaknya meminta agar ranperda yang diajukan eksekutif tersebut dilengkapi dengan asas maksud dan tujuan. "Sebab itu belum ada," katanya.

Terkait ruang lingkup, lanjutnya, terjadi kesepakan bahwa tidak hanya dibatasi 5 tertib. Tapi sampai pada 12 tertib. "Nah, yang ditambahkan diantara lain yakni tertib hewan peliharaan, hiburan dan keramaian, peran serta masyarakat dan menyangkut tertib usaha tertentu. Pokoknya ada 12 tertib," paparnya.

Jadi intinya, kata Saafa, terjadi penambahan. "Ini sudah bagus. Tinggal urusan pasal per pasal. Secara substansi sudah disepakati,"tutupnya. (jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya