» » » KEDEPAN MINUT ANDALKAN TUMPANG SARI TANAMAN JAGUNG

KEDEPAN MINUT ANDALKAN TUMPANG SARI TANAMAN JAGUNG

Penulis By on Rabu, November 14, 2018 |



METRO MINUT.  Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Penyuluhan akan mengembangkan model pertanian dengan sistem tumpang sari tanaman jagung.

Sistem tumpang sari tanan jagung dengan berbagai tanaman pangan lainnya menurut, Ir. Sisca Rumagit, Kabid Tanaman Pangan Distanak & Penyuluhan Kabupaten Minahasa Utara, merupkan bagian dari Program Pengkajian Desa Terpadu yang akan diterapkan Tahun 2019 mendatang di Minut.

Nantinya disamping tanam jagung akan  ada tanaman ditumpang sari seperti tanaman kedelai, padi ladang atau tanaman lain yang cocok sesuai kondisi tanah dan sosial masyarakat dimasing- masing daerah kecamatan.

Ir. Sisca Rumagit, Kabid Tanaman Pangan ( kedua kiri)

Suksesnya program ini sangat tergantung dari kerja keras para Penyuluh Pertanian yang ada ditiap kecamatan,   sebagai ujung tombak untuk pendampingan kepada petani diwilayah kerja masing-masing.

Sebagai wujud bentuk kolaborasi yang tak terpisahkan dengan Bidang Penyuluhan dibawah asuhan, Bonie Kanter. SST, selaku Kepala Bidang, maka dilakukan pembekalan dan shering pendapat antara para penyuluh dengan seluruh Bidang lingkup Distanak & Penyuluhan Kabupaten Minahasa Utara bertempat di Aula Serbaguna Kantor tersebut, (14/11-2018), yang dikemas dalam kegiatan " Penyusunan Programa Penyuluh Tingkat Kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Wangke Karundeng, berkenan hadir dan membuka kegiatan ini sambil berharap ada terobosan dan shering pengalaman dalam memantapkan dan memajukan sektor pertanian di Kabupaten Minahasa Utara untuk meningkatkan kesejahteraan wagra Minut. (jansen)




Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya