» » » WAKIL KETUA DEWAN: TATIB DPRD BERPENGARUH TERHADAP PEMBAHASAN APBD

WAKIL KETUA DEWAN: TATIB DPRD BERPENGARUH TERHADAP PEMBAHASAN APBD

Penulis By on Kamis, Oktober 11, 2018 |

RFICHARD SUALANG
METRO MANADO-Wakil ketua DPRD Manado dr Richard Sualang mengatakan, penetapan Tata tertib DPRD Manado tepat waktu, karena batas penetapan Tatib adalah tanggal 12 Oktober, sebagaimana diatur lewat ketentuan.

” Jadi sudah sangat tepat idtetapkan hari ini, sebab jika kita molor lagi, besok tanggal 12 oktober adalah batas penetapan tatib,”ujar Sualang usai gelaran rapat paripurna di Ruang rapat paripuran DPRD Manado.

Lanjut dikatakan Sualang, penetapan Tatib DPRD, berkaitan erat dengan pembahasan APBD tahun 2019.”Banyak mekanisme yang diatur lewat tatib termasuk mekanisme pembahasan APBD. Nahhh..jika tata tertib belum ditetapkan, maka akan mengganggu agenda pembahasan APBD Induk tahun 2019 yang sudah diambang pintu,”tegas politisi PDI-Perjuangan Manado ini.

Selain itu kata Sualang, cara berpakaian Pimpinan dan Anggota Dewan, juga diatur lewat tatib. Itu sebabnya Tatib DPRD menjadi sangat penting untuk DPRD secara kelembagaan.
“Jika ada yang melanggar tatib tentu ada sanksinya. Tatib ini selain dicantol dari peraturan yang lebih tinggi, ada juga muatan local yang dimasukan Panitia khusus. Jadi mereka yang membuat tatib ini, tentu mereka juga harus taat terhadap tatib itu,”tegas PDI-P untuk Dapil Kota Manado untuk DPRD Sulut ini.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya