» » » "RICAROA" PUSKES AIRMADIDI JUARA II INOVASI LAYANAN KESEHATAN

"RICAROA" PUSKES AIRMADIDI JUARA II INOVASI LAYANAN KESEHATAN

Penulis By on Rabu, Oktober 17, 2018 |

dr. Debby Montung,M.Kes. Kapus Airmadidi


METRO MINUT.  "RICAROA" Puskesmas Airmadidi Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara dinobatkan sebagai salah satu layanan kesehatan yang Inovatif tingkat Propinsi Sulawesi Utara Tahun 2018.

"RICAROA" kalau didunia kuliner merupakan makanan khas di Minahasa Utara yang terbuat dari bahan dasar Ikan Roa alias ikan Julung yang telah dikeringkan melalui proses pengasapan, kemudian diolah menjadi Sambal Ikan Roa alias Rica Roa.

Namun racikan "RICAROA" menjadi sajian yang berbeda ditangan trampil ibu-ibu di Puskesmas Airmadidi, yang dikomandani dr. Debby Montung, M.Kes. selaku Kapus Airmadidi.

Filosofi "RICAROA"  kemudian dijadikan program inovatif dengan diberi label " Cegah Stunting Dengan RICAROA " yaitu gerakan lincah atasi resiko anak Stunting. Jelas Kapus Airmadidi, dr. Debby Montung, M.Kes. yang didampingi dr. Indriaty Masloman.

"RICAROA" sendiri dijabarkan dalam program layanan kesehatan inovatif untuk mencegah Stunting, yaitu : R = Remaja putri dapat tablet tambah darah, I = Ibu hamil KEK dapat PMT.  C= Cepat penanganan penyakit lainnya.  A = Anak gizi buruk dan gizi kurang dapat perawatan PMT.
dr.Debby Kalalo Menyerahkan Tropy Juara II,  diterima dr. Indriaty Masloman.

Kemudian, R =  Rumah sehat dengan air bersih dan jamban sehat. O = Obat cacing diberikan pada Balita 6 bulan sekali.  A = Anak ditimbang di pos yandu dan dapat suntikan imunisasi lengkap.

Ditabahkan, Montung,  diwilayah kerja Puskes Airmadidi ada sekitar 20 % anak  yang mengalami stunting, sehingga pihaknya berkomitmen untuk " Tidak ada Stunting diantara kita melalui program RICAROA dengan melibatkan berbagai sektor terkait."

Peyerahan Trophy sebagai pemenang Juara II Lomba layanan Kesehatan Kreatif Tingkat Propinsi oleh DR. Debby Kalalo. M.Si , Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulut saat penutupan Raker dan Evaluasi Program Kesehatan Propinsi Sulut (17/10-2018) di Peninsula Hotel Manado.( jansen)


Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya