» » » » » PERNYATAAN POLDA SULUT TERKAIT KEDATANGAN BAHAR BIN ALI BIN SMITH

PERNYATAAN POLDA SULUT TERKAIT KEDATANGAN BAHAR BIN ALI BIN SMITH

Penulis By on Selasa, Oktober 16, 2018 |

KANTOR POLDA SULUT

METRO MANADO-Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito melalui Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya bersifat netral, saat melakukan pengamanan saat kedatangan Habib Muhammad Bahar Bin Ali Bin Smith dan Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman Alatthos, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), yang sempat mendapat penolakan dari ratusan massa gabungan dari beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) adat Minahasa, Senin (15/10/2018) di bandara DR Sam Ratulangi Manado.

Diketahui, sejak Senin (15/10/2018) pagi, masa dari ormas adat Minahasa telah memadati bagain depan bandara DR Sam Ratulangi, menanti kedatanagn Habib Bahar Smith. Kondisi itu cukup membuat situasi di bandara menjadi tidak kondusif.

“Kita tidak berpihak kepada salahsatu dari kedua kubuh, Kami sudah bersikap enteral dalam pengamanan,” ujar Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito melalui Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo kepada waratwan di Manado.
Dijelaskan Kabid Humas, (Habib Bahar Smith) tetap bisa hadir dalam kegiatan haul dan masyarakat tidak terganggu. “Sebenarnya kondisinya aman. Hanya saja, diduga ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang cobna membesar-besarkan situasi, guna membuat kerukunan di Manado terganggu,”katanya.
Daipun meyakini, bahwa masyarakat Sulawesi Utara, sangat tinggi jiwa tolerannya. Untuk itu, pihaknya berharap agar masyarakat tidak muda di provokasi dan tetap menjaga persatuan dan kerukunan dengan semboyan torang samua basudara.

Data yang didapat dari  pihak Polda Sulut  kedatangan Habib Muhammad Bahar Bin Ali Bin Smith adalah untuk menghadiri Haul Akbar ke-7 Ayahnya Al Habib Ali Bin Abdurrahman Bin Smith dan Doa Akbar untuk Bangsa Indonesia Khususnya Doa Bersama untuk korban benacana Palu dan Donggala, yang digelar di Masjid  Habib Alwi Bin Smith, Kelurahan Karame, Kota Manado.
Selain itu, kedatangan Habib Bahar Smith disinyalir dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dengan menuiup memprovokasi isu. seolah-olah kedatangannya akan melakukan sesuatu hal negative di Kota Manado dan Sulawesi pada umumnya.(jose).

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya