» » » » HUT ke-28, Ekonomi Kota Bitung 2017-2018 Lebih Menjanjikan

HUT ke-28, Ekonomi Kota Bitung 2017-2018 Lebih Menjanjikan

Penulis By on Kamis, Oktober 11, 2018 |

METRO BITUNG-Pemerintah Kota Bitung merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Bitung yang ke-28 Tahun lewat beberapa rangkaian kegiatan, kegiatan diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hut Kota Bitung ke-28 di Gedung DPRD Kota Bitung yang dihadiri Wali Kota Maximiliaan J Lomban dan Wakil Wali Kota Ir Maurits Mantiri, MM bersama Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, masing-masing didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung serta Ketua Dharma Wanita Kota Bitung.


Dalam sambutanya, Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kota Bitung hingga Oktober 2018 untuk hasil sementara yang bisa dilaporkan yaitu naik sebesar 6,76 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Angka itu cukup berpengaruh bagi Kota Bitung yang berarti perekonomian serta pariwisata di Kota Bitung mengalami kemajuan pesat, sebagian besar masyarakat yang pendapatannya mengalami kenaikan," kata Lomban, di Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung, Rabu (10/10/2018). Pukul 12:06:55 Wita.


Dia mengatakan, trek pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir sesuai data dari Biro Pusat Statistik Kota Bitung, sesuai informasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bitung, tingkat pertumbuhan ekonomi pada 2012 sebesar 6,45% dan pada 2013 dan 2014 masing-masing 6,66% dan 6,39%.  2015 turun menjadi 3,56%. 2016 naik mencapai 5,22%.

Lomban mengaku  khawatir titik berat perekonomian ada di perikanan, jika sektor perikanan terus melemah akibat moratorim maka pertumbuhan ekonomi tahun 2017 pasti akan semakin menurun.


"Saya bersama Wakil Walikota Maurits Mantiri sepakat di masa jabatan tahun 2017 mengalihkan sebagian ekonomi kita dan kemudian kita bergerak di bidang pariwisata, alhasil di tahun 2017 pariwisata Kota Bitung menjanjikan dan ternyata naik 6,19% dan di tahun 2018 ada peningkatan lagi mencapai 6,76%," kata Lomban.


Menurut Lomban, dalam rangka mengembangkan perekonomian kali ini ada tanda-tanda kehidupan untuk peningkatan perekonomian di Kota Bitung dan bukan cuma itu ternyata geliat di bidang pariwisata mendapat apresiasi kementrian pariwisata dari 3000 lebih festifal Kota Bitung mendapat 100 festifal terbaik di Indonesia.


Sektor pariwisata, lanjutnya, untuk kedepan akan diupayakan ada peningkatan lagi, lebih membenahi berbagai objek wisata agar dapat menarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Bitung. Rapat Paripurna tersebut diakhiri dengan pemasangan dan peniupan lilin HUT bersama Plh. Sekretaris Provinsi Sulut Edison Humiang, Ketua DPRD Kota Bitung, Ketua dan Wakil TP-PKK Bitung.


Pada pukul 16.00 wita, Wali Kota Bitung bersama rombongan menuju Stadion Dua dalam rangka pelaksanaan Upacara Bendera memperingati HUT Kota Bitung. Saat itu Wali Kota Bitung bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya Lomban mengatakan dengan berbagai momentum yang ditorehkan dalam pembangunan kota Bitung tidak lepas dari kerja keras semua pihak baik jajaran Legislatif dan Birokrasi Pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat kota Bitung termasuk dunia usaha yang telah mendedikasikan semua karya dan pengabdian terbaik bagi pembangunan kota Bitung.


Lewat momentum HUT kota Bitung ke-28, Lomban mengajak semua komponen yang ada di kota Bitung untuk terus meningkatkan sinergitas antara semua komponen bangsa di kota Bitung yang juga merupakan modal besar bagi keberhasilan pembangunan serta mampu menjamin karya pembangunan yang merupakan partisipasi dan milik seluruh anak bangsa, sesuai dengan Tema saat ini "Inovasi dan Kerja Cerdas untuk Prestasi Menuju Bitung Hebat" yang mampu membangkitkan semangat membangun kota Bitung, tidak hanya sekedar kerja, tapi mampu menciptakan semangat baru dengan berbagai inovasi sehingga tidak statis melainkan bergerak maju dan berkualitas kedepan.


Saat itu juga Pemerintah Kota Bitung menerima Penghargaan Dari Menteri Keuangan RI atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Capaian Opini WTP yang diserahkan langsung Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, Lomban juga menyerahkan SK Pensiun bagi para ASN dan menyematkan Selempang bagi para lulusan BLCC.


Selanjutnya rombongan bergerak menuju Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Bitung dimana Wali Kota Bitung menghadiri acara puncak sekaligus penutupan iven seni dan budaya Festival Pesona Selat Lembeh 2K18.


Dalam kemeriahan acara puncak yang menampilkan GIO Lelaki serta Band Ternama D'Massiv tersebut Lomban berterima kasih serta mengapresasi kepada seluruh pihak baik seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung, Pihak penyelenggara, aparat keamanan dari TNI/Polri serta seluruh masyarakat kota Bitung yang telah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pergelaran kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2018 sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib. "Tahun 2019 nanti pelaksanaan FPSL akan kita buat lebih meriah lagi, Dirgahayu Kota Bitung!" tuturnya

Turut Hadir Forkopimda, Anggota DPRD Kota Bitung bersama ibu, beberapa mantan pejabat yang bertugas di Kota Bitung, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, Pengusaha, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Insan Pers, ASN dan THL. (Ivan)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya