» » » DISPERINDAK SULUT DORONG MASYARAKAT LAKSANAKAN PASAR LELANG MANDIRI

DISPERINDAK SULUT DORONG MASYARAKAT LAKSANAKAN PASAR LELANG MANDIRI

Penulis By on Kamis, Oktober 18, 2018 |



METRO MANADO.  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sulawesi Utara kembali melaksanakan Pasar Lelang dengan Sistem Resi Gudang untuk berbagai produk dan hasil pertanian di daerah ini.

Dijelaskan Hanny Wajong, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut ( 18/10-2018 ). Sesuai amanat UU. No. 7/2014 Tentang Perdagangan, menegaskan Pemerintah dan pelaku usaha secara sendiri - sendiri atau bersama mengembangkan sarana perdagangan antara lain Pasar Lelang Komoditi Agro.

Dengan diberikan kesempatan kepada pihak pelaku usaha swasta untuk melaksanakan Pasar Lelang secara sendiri, maka peran pemerintah hanya sebagai fasilitator mempertemukan pihak-pihak pemilik barang dan calon pembeli.

Ditambahkan Wajong,  dengan Pasar Lelang Sistem Resi Gudang, memiliki keuntungan perpendek mata rantai perdagangan yang mempertemukan secara langsung pemilik barang dan pembeli.  Dengan begitu harga barang semakin murah dan transparan.

Pasar Lelang Komoditi Agro Sistem Resi Gudang yang diikuti 80 pelaku usaha di Hotel Aston Manado , menawarkan hasil pertanian diantaranya ; Beras, Gabah, Jagung dan juga hasil laut seperti Rumput Laut dan berbagai produk olahan pangan dari pelaku UMKM di daerah ini. ( jansen )

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya