» » » BOLTIM TERBAIK TINGKAT SULUT KARENA "LABABA"

BOLTIM TERBAIK TINGKAT SULUT KARENA "LABABA"

Penulis By on Rabu, Oktober 17, 2018 |

Kadis Kesehatan Boltim Menerima Trophy Juara I


METRO BOLTIM.  Akhirnya Kabupaten Bolmong Timur dinobatkan sebagai yang terbaik lewat layanan kesehatan paling inovatif Tingkat Propinsi Sulawesi Utara Tahun 2018.

Dengan program inovatif "LABABA" (  Lahir Bayi Bawa Akte ) sehingga Bolmong Timur dinobatkan sebagai Juara I Tingkat Propinsi Sulut,  menyisihkan 4 Kabupaten lainnya dalam ajang lomba Inovatif Layanan Kesehatan Tingkat Sulut Tahun 2018.

Eko Marsidi, M.Kes.ME. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong Timur menjelaskan, " LABABA" sebagai bentuk layanan kesehatan Jampersal yang dilaksanakan di Puskes Nuangan sebagai pilot projeck.

"LABABA" sendiri adalah hasil komitmen bersama antara Puskesmas dan Dinas Capilnduk yang telah berjalan selang 1 Tahun belakangan ini, tanpa dipungut biaya sepeserpun baik saat proses persalinan maupun penerbitan Akte Lahir sang bayi.

Lanjut Eko, untuk mendapatkan layanan program LABABA maka hanya dibutuhkan persyaratan KTP ibu dan ayah serta Kartu Keluarga. Setelah proses administrasi selesai maka si bayi saat keluar dari Pukesmas langsung membawa Akte kelahiran yang diterbitkan Dinas Capilnduk.

Program ini sekaligus dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melaksanakan proses persalinan di Faskes ketimbang melalui Dukun Persalinan yang belum tentu terjamin kesehatan dan keselamatan persalinan.

Dampaknya langsung terasa dengan meningkatnya kunjungan persalinan di Faskes sebesar 80,90 %. Jelas Eko usai menerima Trophy Juara I yang diserahkan dr. Debby Kalalo,M.Si selaku Kadis Kesehatan Sulut dalam Raker dan Evaluasi Prokes  Sulut Tahun 2018 (17/8-2081) di Paninsul Hotel Manado . ( jansen)
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya