» » » » APTISI SULUT PEDULI PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA TIMUR

APTISI SULUT PEDULI PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA TIMUR

Penulis By on Kamis, Oktober 11, 2018 |


Metro Manado. Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia ( APTISI ) Sulawesi Utara , Olfie Lomboan, SE, MSi. kembali membuat terobosan bagi kemajuan Perguruan Tinggi  Swasta melalui Seminar Nasional " Membangun Pendidikan Tinggi Indonesia Timur".

Bertempat di Hotel Paninsula Manado, ( 11/10 - 2018 ) seminar nasional " Membangun Pendidikan Tinggi Indonesia Timur " dihadiri Pimpinan dan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi se Indonesia Timur dan dibuka langsung oleh Mentri Risetdikti Indonesia yang diwakili, Dr. Ir. Agus Puji Prasetyo, M.Eng, IPU selaku Asisten Produktifitas dan Relevansi Kemenristekdikti.

Dalam pemaparannya, Agus Puji Prasetyo, menyoroti kesiapan infrastruktur dan ketersediaan listrik di Indonesia dalam memasuki era revolusi industri 4.0 yang ada dihadapan kita saat ini.

Menurutnya, secara umum Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.  Hanya yang menjadi hambatan adalah ketersediaan listrik di Indonesia masih jauh dari kebutuhan untuk masuk dalam revolusi industri 4.0, demikian pulah dengan infrastruktur fisik.


Satu Negara disebut negara industri jaka memiliki ratio elektricity yang tinggi, seperti Negara Singapura eltricity rationya 10.000 Kwh perkapita/Tahun.  Sementara Indonesia baru 1.000 Kwh Perkapita/Tahun, atau minimal harus mencapai 2.000 Kwh Perkapita/Tahun barulah Indonesia boleh memenuhi kebutuhan listrik diera Revolusi Industri 4.0 .

Dr. Ir. Budi Djatmiko,MSi,MEI, Ketua Umum APTISI Pusat mengingatkan kepada pengelolah PT baik Rektor, Ketua Yayasan dan  para Dosen, agar segerah berbenah diri secepatnya terkait dengan program studi hingga cara mengajar, agar mengikuti trend perkembangan IT yang sangat cepat berubah.

Karena menurutnya, Revolusi Industri 4.0 adalah hasil dari perkembangan IT, dimana para lulusan Sarjana kedepan akan bersaing dengan mesin-mesin berupa Robot.

Selaku Ketua APTISI Sulut, Olfie Lomboan, sangat memberi apresiasi yang setinggi-tingginya keada semua peserta seminar, diantaranya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE. yang diwakili dr. Jemmy Lampus, selaku Kaban Balitbangda Propinsi Sulut, Wakil Gubernur Gorontalo, Walikota Bitung, Max Lomban, yang juga sebagai narasumber. ( jansen )

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya