» » » » WALIKOTA GSVL HADIRI RAPAT PARIPURNA PENETAPAN RANPEDRA APBD-P TAHUN 2018

WALIKOTA GSVL HADIRI RAPAT PARIPURNA PENETAPAN RANPEDRA APBD-P TAHUN 2018

Penulis By on Rabu, September 05, 2018 |


METRO MANADO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan laporan Komisis-Komisi terkait pembahasan Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan Kota Manado tahun 2018, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penetapan Ranperda APBD-P menjadi Peraturan Daerah (Perda) kota Manado tahun anggaran 2018, bertempat di Ruang paripurna DPRD Kota Manado, Selasa (08/08/2018), dan dipimpin langsung Ketua DPRD Manado Noortje Henny Van Bone, didampingi dr Richard Sualang Wakil Ketua dan Drs Danny RWF Sondakh Wakil Ketua, dan dihadiri Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut. SH. M.SI. DEA


Pada kesempatan itu, Komisi D dalam laporan yang dibacakan Anita Deblouwe, menjelasakn tentang kesepakatan TAPD dan Badan Anggaran yang dijelaskan yang tergambar lewat KUA-PPAS.


Disampaikannya, program dan kegiatan yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum menampakan hasil yang maksimal. Namun demikian katanya, DPRD dan Pemerintah diharapkan dapat terus bergandengan tangan, guna mengoptimalkan berbagai kegiatan lewat anggaran yang dianggap oleh komisi D sangat minim, guna membangun Manado yang cerdas dan sejahtera.


Dalam laporan penyampaian hasil pembahasan Komisi D, juga terlampir mengenai minimnya anggaran yang dialokasikan ke Dinas Pendidikan Kota Manado.
Meski demimkian Komisi D tetap berharap, bahwa pada APBD Induk tahun 2019, Pemerintah dapat menganggarkan pengadaan computer guna kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Computer (UNBK)


Selanjutnya untuk Dinas Kesehatan, Komisi focus kepada kesejahteraan pegawai di berbagai Puskesmas. Hal itu dipandang penting dangan adanya Inpres No. 8 tahun 2017, tentang optimalisasi pelaksanaan progeran jaminan kesehatan nasional.
Selain itu, sejumlah OPD yang menjadi mitra kerja komisi D, diharapkan dapat diperhatikan, terkait anggaran, guna kelancaran program yang intinya untuk kesejahteraan masyarakat.


Anita DeBlouwe diakhir pembacaan laporan Komisi D menyatakan menyetujui Ranperda APBD-P tahun 2018 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Manado.


Selain itu, Komisi A, B dan C juga menyatakan setuju Ranperda APBD-P tahun 2018 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda) dengan berbagai catatan penting. Selanjutnya, Ketua Dewan Noortje Van Bone, memberikan kesempatan kepada Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut. SH. M.Si. DEA untuk menyampaikan sambutannya.

Walikota Manado DR Ir. GS. Vicky Lumentut SH. M.Si. DEA kemudian menyampaikan sambutannya. Walikota mengatakan, pihak pemerintah kota menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras DPRD bersama TAPD yang telah emnyelesaikan pembahasan APBD-Perubahan tahun anggaran 2018.

Setelah itu, dilakukan penandatanganan berita acara penetapan peraturan daerah (Perda) APBD-P tahun 2018, oleh Ketua DPRD, para Wakil Ketua dan Walikota.  Menariknya dalam pembacaan laporan Komisi-komisi dibacakan oleh personil Fraksi Demokrat. Untuk Komisi A dibacakan oleh Royke Anter, Komisi B Lilly Walandha, Komisi C, Vanda Pinontoan dan Komisi D Anita Dblouwe.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya