» » » DINKES SULUT TERAPKAN e-PPGBM DI POSYANDU

DINKES SULUT TERAPKAN e-PPGBM DI POSYANDU

Penulis By on Rabu, September 26, 2018 |


METRO MANADO.  Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara maju selangkah lagi dalam pemanfaatan Teknologi Inforamasi melalui Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat ( e-PPGBM ) untuk pelayanan kesehatan masyarakat terutama bagi pemantauan kasus-kasus Gizi Buruk dan Stunting.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara, dr. Debie K.R. Kalalo, MSc. PH, pada kegiatan Orintasi Surveilens Gizi di Hotel Grand Central Manado ( 26/9-2018 ). Bahwa , Dinkes Sulut telah menggunakan Elektornik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat ( e-PPGBM ) untuk pelaporan hasil pemantauan Gizi langsung dari Posyandu setiap Desa / Kelurahan.

Untuk kelancaran dan kesamaan presepsi maka dilakukan pembekalan kepada tenaga Surveilens Gizi se Propinsi Sulawesi Utara, dengan menghadirkan narasumber, Giri Wurjandaru, SKM, M.Kes. Kasubdit Kewaspadaan Gizi Direktorat Gizi Kemenkes. dan Rudolf Purba, SKM, M.Kes dari Poltekes Jurusan Gizi ,Manado.

Sesuai data menurut dr. Debie, kasus gizi buruk di Sulawesi Utara dalam 3 Tahun terakhir  yaitu : Tahun 2015 sebesar 11,6 %, Tahun 2016  sebesar 7,2 % dan 2017 sebesar 15,3 %.

Oreientasi ini penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan perbaikan gizi masyarakat agar diperoleh solusi penanggulangan masalah gizi secara tepat waktu, tepat sasaran dan jenis tindakan yang tepat. ( jansen )
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya