» » » » BAWASLU MINSEL IMBAU ASN NETRAL DALAM PEMILU

BAWASLU MINSEL IMBAU ASN NETRAL DALAM PEMILU

Penulis By on Kamis, September 27, 2018 |


METRO MINSEL-Memasuki tahapan kampanye calon Presiden dan Calon Anggota DPR-RI dan DPRD Kabupaten Kota, Bawaslu mulai menunaikan tugasnya, guna menjadikan Pemilihan umum yang bersih dan berdaulat.

Hal ini juga dilakukan Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan. Menurut Franny Sengkey, salahsatu komisioner Bawaslu Minsel, Pemilu sangat rentan dengan pelanggaran, terutama Aparat Sipil Negara (ASN).
Meski belum mendapatkan cukup bukti, namun pihaknya terus melakukan sosialisasi, agar ASN tidak terlibat dalam kontestasi politik yang sedang memasuki tahapan kampanye.

ASN memang diberikan hak politik, tetapi kata Sengkai, hak politik yang dimaksud adalah memberikan hak suara pada pemilu mendatang.

“Setiap warga Negara memiliki hak politik masing-masing, termasuk ASN. Tapi untuk ASN, itu hanya berlaku ketika kita akan memberikan hak suara kita lewat Tempat pemungutan suara (TPS), dan bukan berkampanye atau memasang alat praga kampanye salahsatu kontestan pemilu,”tegas Sengey, lewat cuitannya di akun FB miliknya,

Diapun mengingatkan, agar ASN sebagai abdi Negara sekaligus mitra kerja, agar dapat menjaga statusnya sebagai pihak yang tidak dibolehkan untuk ikut-ikutan berkampanye, sebagaimana diatur lewat PKPU.

Penegasan Sengkey tersebut, diharapkan dapat di ikuti, guna menghindari persoalan hokum bagi para ASN.”Sanksinya cukup berat bagi ASN yang kedapatan terlibat dalam pemasangan APK, serta menyebarkan bahan-bahan kampanye untuk calon tertentu.

“Jadi, saya menghimbau kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas serta menjadikan pemilu yang berkualitas, agar bias terpilih wakil-wakil rakyat yang berkualitas pula,”tandasnya.(Maykel senduk)




Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya