» » » » » WALIKOTA MANADO GSVL UNDANG MENKO PEREKONOMIAN SAKSIKAN MANADO FIESTA LEWAT TELECONFRENCE

WALIKOTA MANADO GSVL UNDANG MENKO PEREKONOMIAN SAKSIKAN MANADO FIESTA LEWAT TELECONFRENCE

Penulis By on Senin, Agustus 13, 2018 |


METRO MANADO-Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Prof DR Ir Hasanuddin Zainal Abidin MSc, menggelar rapat koordinasi Jaringan Geospasial Nasional bersama Pemerintah Kota Manado, dalam hal ini Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut. SH. M.Si. DEA, Senin (13/08/2018), bertempat di ruang Cerdas Command Center, lantai II Kantor Walikota Manado.


Saat menyampaikan beberapa hal kepada menteri, Walikota Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado DR Peter KB Assa ST MSc PhD, terlibat komunikasi yang cukup serius.


Pada kesempatan itu, Walikota GSVL berkenan mengundang Menko Perekonomian untuk menghadiri hajatan akbar pariwisata yakni, Manado Fiesta 2018 yang bakal dibuka pada 31 Agustus hingga 9 September nanti.


Selain Manado, beberapa Gubernur dan perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) serta lembaga negara lainnya seperti Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo, Kepala UPTD Geospasial Jawa Timur Suci Purnomo serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur, juga melakukan rapat jarak jauh. Sedangkan, dari kementerian dan lembaga negara lainnya yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ikut terlibat dalam teleconference tersebut. Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut menjelaskan tentang manfaat geospasial bagi Kota Manado.


“Kami menggunakan geospasial untuk mengakses data secara global. Karena selama ini, Perangkat Daerah kami mengelola data sendiri-sendiri. Sehingga, dengan adanya simpul jaringan geospasial ini semakin mempermudah kami melakukan koordinasi data,” ujar Walikota Vicky Lumentut.


Selain itu, melalui Cerdas Command Center yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Manado juga mempermudah masyarakat mendapatkan informasi termasuk dalam pendataan. “Kami mengintegrasikan sistem jaringan geospasial ini pada layanan public kami seperti Pajak Bumi dan Bangunan. Disana akan diketahui data mereka yang sudah bayar ataupun belum bayar PBB. Sehingga, jaringan ini sangat membantu kami di pemerintah Kota Manado,” tandasnya.


Meski demikian, Walikota Vicky Lumentut mengakui kelemahan sistem pengelolaan data informasi jaringan geospasial ini terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN). Selama ini, untuk menangani pengelolaan data geospasial, Pemkot Manado menggunakan jasa tenaga kontrak. “Saya mengusulkan agar kuota penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) kami ditambah.


Karena, harus saya akui kelemahan kita ada pada SDM aparatur kita,” tandas Walikota Vicky Lumentut. Orang nomor satu di Manado itu menyampaikan terima kasih kepada Menko Perekonomian yang memilih Kota Manado untuk melaksanakan teleconference. “Terima kasih saya selaku Walikota Manado kepada Pak Menko Perekonomian yang telah memilih Kota Manado untuk ikut dalam dialog teleconference di pagi hari ini,” pungkas Walikota Vicky Lumentut, seraya mengundang Menko Darmin Nasution dan para kepala daerah di Indonesia untuk menyaksikan Manado Fiesta 2018 pada 31 Agustus sampai 9 September mendatang.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya