» » » TERTARIK PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROGRAM SMART CITY KOTA MANADO

TERTARIK PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROGRAM SMART CITY KOTA MANADO

Penulis By on Selasa, Agustus 14, 2018 |



METRO MANADO-Walikota Manado Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menerima kunjungan peserta Benchmarking Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat III (Diklat PIM 3) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Regional Bandung, Jawa Barat, bertempat di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, Selasa (14/08/2018).

Kedatangan 40 peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung tersebut, menurut Ketua rombongan Ir Taty Devi M Siregar MSi, untuk menggali informasi terkait tata kelola pemerintahan yang dilakukan Pemkot Manado terutama pemanfaatan teknologi informasi dalam mewujudkan Manado Kota Cerdas atau Smart City.

“Kedatangan kami ke pemerintah Kota Manado, kami ingin menggali informasi sebanyak-banyaknya, bagaimana tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan Kota Manado sebagai Kota Cerdas atau Smart City,” ujar Taty.

Menurutnya, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), sumber daya manusia merupakan hal yang penting bagi terselenggaranya fungsi pemerintahan dan pembangunan di daerah. Sehingga, perlu optimalisasi potensi yang dimiliki ASN dalam menghadapi perkembangan zaman seiring dengan lajunya ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Mutu pelayanan publik yang optimal, merata dan berkeadilan menjadi fokus utama implementasi pemerintahan yang baik atau good governance di daerah. Sehingga, di Kota Manado ini kami ingin mempelajari beberapa hal yang dilakukan pemerintah Kota Manado sebagai bentuk proyek perubahan ASN kedepannya,” tandasnya.

Sementara, Walikota Vicky Lumentut menyambut baik kedatangan 40 peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung yang memilih Kota Manado sebagai tempat study banding. “Terima kasih saya karena peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung memilih Kota Manado sebagai lokasi orientasi lapangan. Silahkan, mempelajari berbagai hal yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk proyek perubahan saudara ketika kembali ke daerah asal,” tandas Walikota Vicky Lumentut. Orang nomor satu di Manado menjelaskan Kota Manado memiliki Cerdas Command Center yang memanfaatkan teknologi untuk pembangunan Kota Manado.

“Seperti di Kota Bandung dengan CCTVnya, di Manado juga demikian. Hanya saja, ada beberapa aplikasi yang kami kembangkan sendiri. Untuk lebih jelas silahkan mampir dan lihat Cerdas Command Center yang kami miliki,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Dalam kesempatan itu pula, Walikota Vicky Lumentut tidak lupa mengajak peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung untuk datang lagi ke Kota Manado menyaksikan Manado Fiesta 2018.

“Di Manado pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September nanti ada iven pariwisata Manado Fiesta 2018. Saya mengundang peserta Benchmarking Diklat Pim III BPSDM Regional Bandung untuk kembali datang ke Manado dan menyaksikan iven tersebut,” pungkas Walikota Vicky Lumentut, didampingi Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH dan Staf Ahli Walikota Drs Heri Saptono.
Acara diakhiri dengan tukar menukar cenderamata dan foto bersama.(jose)


Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya