» » » Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 15 Kapal Di Bitung

Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 15 Kapal Di Bitung

Penulis By on Senin, Agustus 20, 2018 |

METRO BITUNG-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama POLAIR, TNI AL, lakukan penenggelaman 15 kapal asing pencuri ikan, kapal ditenggelamkan tanpa diledakkan, kapal tersebut dilubangi bagian lambungnya hingga tenggelam dengan sendirinya.



Metode itu yang digunakan Menteri Susi saat memimpin penenggelaman 15 kapal asing pencuri ikan di perairan Kema, Kota Bitung,  Senin (20/8/2018).


"Penenggelaman 15 kapal hari ini dilakukan dengan tanpa ditaruh  bahan peledak. Metode ini adalah yang kesekian kali dilaksanakan. Kapal-kapal itu hanya dilubangi bagian lambungnya supaya tenggelam," ujar Pudjiastuti.


Metode melubangi lambung kapal ini dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan cara diledakkan. Jika diledakkan, bisa merusak ekosistem yang ada di bawah kapal. Sementara jika hanya dilubangi saja, kapal yang tenggelam dalam bentuk utuh justru diharapkan menjadi rumah  baru bagi ikan kecil,"Jadi bangkai kapal tersebut kita harapkan akan membentuk ekosistem baru," ujar dia.


Lanjutnya, selain itu pelubangan  lambung kapal juga tidak akan menyebabkan kebocoran minyak yang dapat mencemari lingkungan.

Sebanyak 15 kapal ditenggelamkan secara bertahap. Hari ini, sebelumnya ada 9 kapal yang  telah ditenggelamkan. Sisanya 6 kapal ditenggelamkan hari ini.

Penulis : Ivan
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya