» » » PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO MENJADI PUSAT BERBAGAI STUDI

PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO MENJADI PUSAT BERBAGAI STUDI

Penulis By on Rabu, Agustus 15, 2018 |

Dr. Suyatno dan Ir. Jani Lukas
METRO MANADO.  Hadirnya Perpusatakaan Proklamator Bung Karno sebagai Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) dari Perpustakaan Nasional , merupakan jawaban atas keinginan kuat dalam mengembangkan Nasionalime Indonesia dimasa depan, terutama dalam menghadapi globaliasasi saat ini.

Deijelaskan Dr. Suyatno, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dimana kehadiran Perpus Proklamator Bung Karno,  untuk mewujudkan gagasan agar rakyat Indonesia yang datang berkunjung dan bersziarah ke makam Bung Karno, dapat diajak untuk mewarisi, mengkaji, merenung dan mereaktualisasikan cita-cita dan pemikiran Bung Karno, serta pemahaman yang memadahi tentang Sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat ini Perpus Proklamator Bung Karno telah menjadi pusat studi dari berbagai aspek kebangsaan dan rujukan serta pelestarian kebudayaan dan Nasionalisme Indonesia berbasis koleksi perpustakaan.

Konsep-konsep dan idealisme Bung Karno dan para Pejuang Bangsa Indonesia serta penggodogan konsep Nation and Caracter Building Indonesia, merupakan bagian penting yang disajikan dalam perpustakaan ini untuk dilakukan penelitian dan pengkajian.

Suyantno, lebih jauh menjelaskan.  Dalam perpustakaan ini, juga terdapat berbagai buku dari berbagai Tokoh dan Pemikir hebat Dunia yang menjadi buku koleksi Bung Karno.  Bahkan ada  tuliasan-tulisan yang menyanjung kehebatan Bung Karno dari berbagai kalangan penulis, hingga mereka yang mengeritik, tersaji dalam perustakaan ini.

Ir.  Jani Lukas, MSi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sulut, memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perpustakaan Proklamator Bung Karno, atas kesediaan melakukan sosialisasi di Sulawesi Utara, untuk memperkenalkan keberadaan perpustakaan yang sangat penting ini dihadapan para Pustakawan, Guru-guru dan Siswa utusan dari Kabupaten / Kota se Sulut yang dipusatkan di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado ( 15/8-2018 ). ( jansen ).

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya