» » » » Panwaslu Bitung Gelar Sidang Jawaban KPU Terkait Gugatan Partai Berkarya

Panwaslu Bitung Gelar Sidang Jawaban KPU Terkait Gugatan Partai Berkarya

Penulis By on Jumat, Agustus 03, 2018 |


METRO BITUNG-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bitung adakan sidang terkait Penyelesaian Pelanggaran Adminitratif Pemilihan Umum Tahun 2019 di Sekretariat Panwaslu Kota Bitung. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Frans Andirael, Jumat (3/08/2018).


Dalam persidangan tersebut (Pelapor) Ketua DPD Partai Berkarya Yunita Roring menyampaikan Keberatan dengan keputusan KPU dimana pada saat partai Berkarya mengajukan bakal calon anggota DPRD di serahkan dan diregistrasi pada tanggal 17 Juli 2018 ke pihak KPU Bitung, proses selanjutnya pihak KPU melakukan penelitian dan persyaratan dan di dapati ada kekurangan berkas sehingga KPU mengendalikan berkas dengan BAP terlampir dan di kembalikan, ketika partai meminta perbaikan dokumen pihak KPU menyatakan sudah di tutup karena Berita acara telah di laporkan ke KPU Sulut. Pada saat yang sama tanggal 18 Juli 2018 KPU kota Bitung menyatakan partai berkarya ditolak karena dokumen tidak sah dan partai politik tidak dapat memperbaiki, padahal KPU tidak pernah menghubungi, beritahukan partai berkarya dan menyiapkan ruang waktu yang cukup untuk perbaikan tentu saja hal ini sangat tidak adil dan diskriminatif.

"Berita acara di beritahukan pada kami pada tanggal 20 Juli seharusnya kami mengambil 24 padahal partai lain bisa memperbaiki sampe jam 9 tanggal 18, hanya beberapa partai yg menerima dalam pengajuan perbaikan dokumen. KPU tidak adil dan tidak Profesional dan sehingga tidak sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemilu dan sangat merugikan kader partai berkarya dalam melaksanakan pesta demokrasi di kota Bitung," jelasnya sambil berharap partai berkarya boleh ikut serta dalam tahapan pemilu merekomendasi KPU kota Bitung.


Sementara itu (Terlapor) Desly Sumampouw selaku Ketua KPU Kota Bitung, menyampaikan akan melakukan jawaban kalau bisa hari Rabu, karena mengingat hari ini juga kami sedang melakukan tahapan keabsahan sampai tanggal 7 jika berkenan ijinkan kami melakukan jawaban hari Rabu tanggal 8.


Dalam hal ini pimpinan sidang Ketua Panwaslu Frans Andirael mengatakan, batas waktu penyelesaian dugaan pelanggaran 14 hari dari register," ini harus dipercepat mengingat masih ada beberapa poin yg tercantum dalam agenda sidang," jelas pimpinan sidang.

Menyikapi hal tersebut, Desly Sumampouw meminta pertimbangkan kembali," mungkin kami bisa hari senin mohon di pertimbangkan kalau bisa pagi sehingga Kita tidak mengabaikan tugas kami, mengingat di batasi oleh waktu yang cuman sampai tanggal 7 dan kalau bisa tepat waktu," ucap Sumampouw.


Dengan demikian panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Bitung memutuskan akan mengadakan sidang lanjutan untuk mendengar jawaban dari pihak terlapor.

Penulis : Ivan

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya