» » » KESMAVET SULUT MEMERIKSA KESEHATAN HEWAN KURBAN

KESMAVET SULUT MEMERIKSA KESEHATAN HEWAN KURBAN

Penulis By on Selasa, Agustus 21, 2018 |

Dr. Ir. Henny Kambey, MSi, Siap Mengalungkan Label Sehat Hewan Kurban
METRO MANADO.  Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD ) Kesehatan Masyarakat Verteriner ( KESMAVET ) Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Sulawesi Utara, terjun langsung disetiap Mesdjid yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari raya Idhul Adha, besok hari 22 Agustus 2018 di Sulawesi Utara.

Tiem dari UPT Kesmavet Propinsi Sulawesi Utara yang dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Henny Kambey, M.Si, selaku Kepala UPTD didampingi dr. Hewan dan beberapa orang Staff, melakukan pemeriksaan kesehatan fisik hewan kurban baik Sapi maupun Kambing di Mesdjid yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Menurut Henny Kambey, hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa setiap hewan yang akan disembelih sebagai hewan kurban harus terjamin kesehatannya.  Sebelum hewan disembelih, pihaknya memastikan kesehatan hewan tersebut ditandai dengan memberi label sehat yang digantung dibagian leher dari hewan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, hingga sore, hari Selasa ( 21/8-2018 ), maka belum ditemukan hewan yang tidak layak sebagai hewan kurban.  Dengan kata lain menurut Henny, semua hewan kurban yang telah diperiksa bebas dari gejala penyakit hewan yang berbahaya sehingga dapat menular pada manusia. jadi tidak ada gejala zoonosis terhadap hewan kurban.

Selain pemeriksaan kesehatan secara fisik sebelum hewan tersebut disembelih, nantinya besok hari, ( 22/8) pihaknya akan turun kembali untuk memeriksa daging hewan kurban dan juga darah hewan tersebut.  Jika ada yang ditemukan tidak layak dikonsumsi manusia tentu akan dilarang untuk disalurkan. Dari pantauan media ini, Tiem Kesmavet Propinsi Sulut telah melakukan pemeriksaan di Mesdjid Nurur Rahman Malalaayang -1 hingga di Mesdjid Al Mubasyirin Kleak, Kota Manado. ( jansen )
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya