» » » » HOTEL HARUS BUKA PINTU UNTUK PAMERAN SENI

HOTEL HARUS BUKA PINTU UNTUK PAMERAN SENI

Penulis By on Kamis, Agustus 30, 2018 |

Mor Bastiaan Wakil Walikota Bersama Ferry Sangian Kadis Kebudayaan Propinsi Sulut
METRO MANADO. " Pameran Seni Rupa Torang 19 Manado dan Jakarta " dalam rangka Manado Fiesta 2018 resmi dubuka Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan, di Lobi Hotel Paninsula Manado ( 30/8 - 2018 ) dengan menampilkan hasil karya terbaik para seniman Sulawesi Utara.

Mor Bastiaan, memberi apresiasi yang tinggi atas digelarnya pameran ini, bertepatan dengan penyelenggaraan Manado Fiesta 2018 yang akan dibuka Tanggal 31 Agustus 2018, ditandai dengan Carnaval FISCO ( Fish & Corral ) disepanjang jalan Pier Tendean Manado.

Beberapa piont penting disampaikan, Mor Bastiaan, agar komunitas seni rupa membentuk sebuah organisasi sebagai wadah yang resmi, sehingga program dan rencana para seniman ini dapat dikolaborasikan dengan program pemerintah Kota Manado.  Hal ini penting karena terkait dengan prosedur bantuan kerja sama dengan pemerintah Kota Manado.

Pemerintah Kota Manado juga mendorong para seniman untuk memanfaatkan moment kunjungan wisatawan di Kota Manado untuk promosi hasil karya seni mereka yang merupakan potensi seni dan budaya Sulawesi Utara. Demikian juga kepada pihak Hotel, agar selalu membuka pintu terhadap kegiatan pameran seni seperti ini, untuk memberi ruang dan kesempatan kepada hasil karya seni di Kota Manado.

Regenaerasi para seni rupa juga mendapat perhatian, Mor Bastiaan. Wakil Walikota mintakan agar para pelaku seni rupa untuk melakukan regenerasi dalam menumbuh kembangkan generasi muda yang berkwalitas dibidang seni rupa. Hal ini penting dalam rangka keberlanjutan pelestarian seni dan budaya di Kota Manado.

Pameran ini menampilkan Lukisan terbaik dari para seni rupa, kain batik bertemakan keindahan bawah laut di Kota Manado hasil karya Zessy Matindas.  Selaku Ketua Panitia Pameran, John Semuel, menjelaskan,  dimana seni rupa di Sulut telah berkembang sejak Tahun 1883.  Bahkan telah menghasilkan seorang pelukis terbaik di Indonesia seperti Henk Ngantung. Nantinya lukisan dan hasil seni yang ada dipameran ini akan tampil dalam pameran seni rupa di Jakarta, jealas Semuel. ( jansen )




Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya