» » Bak Pahlawan Komunitas Peduli Alam Berhasil Padamkan Api Di TWA Tangkoko

Bak Pahlawan Komunitas Peduli Alam Berhasil Padamkan Api Di TWA Tangkoko

Penulis By on Selasa, Agustus 28, 2018 |




METRO MANADO-Telah terjadi kebakaran yang mengakibatkan hampir 10 hektar Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih hangus terbakar. Lokasi kebakaran hanya berjarak puluhan meter dari jambore Kemah Konservasi.

Kebakaran ini terjadi tepat saat berlangsungnya pembukaan jambore Kemah Konservasi dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018. Selasa (28/8/2018). Kegiatan sempat terhenti sejenak gumpalan asap hitam tebal terlihat dari base camp semakin membesar, sontak membuat komunitas peduli alam langsung bergerak mencari sumber lokasi dimana asal kebakaran tersebut.


Hal ini disampaikan Neldy Kalangi salah satu aktifis lingkungan yang ikut dalam aksi pemadaman. Dikatakanya, hanya bermodalkan keberanian dan rasa kecintaan terhadap alam tanpa memperdulikan pakaian mereka kotor, mereka langsung bergegas mencari titik sumber api bersama timnya 15 orang dari komunitas peduli sungai Kota Bitung dan dibantu FK3I Sulawesi Selatan tiga orang, Guide tiga orang FMKH dan Masyarakat Batuputih 10 orang serta Manggala Agni. usaha para pahlawan ini akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan dan menjadi catatan amal baik.



"Tujuanya sebenarnya menghadiri pembukaan HKAN ini jelas pakaian yang kami gunakan itu semuanya rapih, namun apa daya merasa terpanggil mau tidak mau kami sebagai pecinta alam dan lingkungan harus turun. Dan kamipun puas serta senang karena api berhasil dipadamkan meskipun pakaian yang kami gunakan tak seperti semula,  bolong akibat percikan api, bagian ujung celana ada yang terbakar pula, kerugian kami tak seberapa yang paling penting alam ini bisa diselamatkan"Ujar Neldy dengan bangga sambil tersenyum.

Penulis : Ivan




Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya