» » » Satu Parpol Terancam Kehilangan Dapil, 10 Bacaleg Dinyatakan TMS Oleh KPU Bitung

Satu Parpol Terancam Kehilangan Dapil, 10 Bacaleg Dinyatakan TMS Oleh KPU Bitung

Penulis By on Kamis, Agustus 09, 2018 |



METRO BITUNG-KPU Kota Bitung membuka data caleg yang Tidak memenuhi syarat (TMS). Rabu (8/8/2018). Komisioner KPU Bitung   Syarifudin Hasan kepada sejumlah wartawan mengatakan, hasil verifikasi administrasi bacaleg di KPU setempat ada 10 Bacaleg yang TMS.

“Totalnya ada 10 bacaleg yang dinyatakan TMS, ada yang tidak melengkapi berkas, ada yang berkasnya kurang seperti KTP Elektronik atau legalisasi ijazah,” kata Hasan.


Dari data Bacaleg TMS yang dibeberkan Hasan Partai PKS dan Demokrat menempati urutan teratas bacaleg TMS dengan jumlah yang sama yaitu empat bacaleg dari tiap partai. Disusul Partai, PKPI dan PPP.


Lanjutnya, partai Demokrat terancam kehilangan daerah pemilihan (dapil). Penyebab utamanya adalah tidak terpenuhinya 30 persen kuota bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan dalam dapil tersebut yaitu dapil IV Lembeh Utara, Lembeh Selatan, dan Aertembaga. Untuk Dapil IV, dari data yang dihimpun tujuh bacaleg ada dua keterwakilan perempuan tidak melengkapi berkasnya.


"Adanya ketidaksesuaian nama di KTP elektronik dengan yang tertera di ijazah, tidak melampirkan surat peryataan dan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)," jelasnya.






Penulis : Ivan














Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya