» » » Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2018 Di Satrol Bitung

Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2018 Di Satrol Bitung

Penulis By on Rabu, Juli 11, 2018 |



METRO BITUNG-Komandan Satrol Kolonel Laut Djoko Prijatin didampingi Ketua Panitia Letkol Laut I. Dewa Rai Parwata membuka secara resmi kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB)  tahun 2018 dalam suatu upacara bertempat di Dermaga Satrol Bitung, Rabu (11/07/2018).

Dengan mengambil Tema "Membina Remaja Yang Berkarakter Yang Cinta NKRI". Dalam amanatnya Komandan Satrol Kolonel Laut Djoko Prijatin. SE. Mengatakan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang Jati Diri Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Bahari dengan maksud menumbuhkan kembali sisi maritime yang selama ini semakin memudar tergerus oleh waktu, upaya menumbuhkembangkan jiwa kebaharian ini harus dilaksanakan sedini yang perlu direncanakan secara konseptual karena hasilnya akan akan ikut menentukan masa depan pembangunan bangsa secara menyeluruh.


"Oleh karena itu TNI AL dalam hal ini Satrol ikut berperan aktif dalam menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kebaharian  kepada generasi muda agar para remaja di bekali mental keimanan yang tercemin dalam akhlak yang baik serta semangat juang yang tinggi dilandaskan Agama dan Pancasila. Memiliki pengetahuan Belah Negara berbangsa kepemimpinan kebaharian yang handal. Mengerti akan nilai - nilai etika,budi pekerti,dan jiwa kepahlawanan cinta bahari yang nantinya dapat di sosialisasikan didalam kehidupan lingkungan sekolah dan masyarakat," katanya.
Lebih lanjut komandan juga mengatakan kegiatan Bintal Juang remaja Bahari ini akan berlangsung selama 3 hari diikuti oleh Peserta pelatihan di hari pertama di pertama 55 putra/putri, putra 27 siswa dan putri 28 siswi.Ini Tingkat SMP Kelas 9 sampai SMA Kelas 12 Se - Sulawesi Utara (Sulut).

"Disisi lain kegiatan BJRB ini mempunyai makna penting yaitu merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan juga dengan mendapatkannya penyuluhan dan pembinaan mental agar persatuan dan kesatuan serta keimanan dan ketaqwaan para remaja semakin meningkat sehingga Bangsa Indonesia dapat memiliki generasi muda yang berakhlak terpuji, berbudi luhur dan menjadi generasi muda yang cinta bahari, BJRB juga merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas," ujar Prijatin.


Diakhir amanatnya Komandan Satrol Bitung mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta para kepala sekolah SMP dan SMA  yang telah berpartisipasi turut serta dalam kegiatan BJRB tahun 2018 ini.

Selesai upacara pembukaan kegiatan BJRB para peserta menerima arahan serta pembagian kelompok dan mengikuti kegiatan yang sudah di jadwalkan panitia.

Penulis : Ivan



Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya