» » » Wakil Walikota Bitung Buka Lomba Bacarita Tingkat SD

Wakil Walikota Bitung Buka Lomba Bacarita Tingkat SD

Penulis By on Rabu, Mei 23, 2018 |




METRO BITUNG-Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Ibu. Ny. Rita Mantiri-Tangkudung ST menghadiri acara sosialisasi minat kebiasaan membaca dan pembinaan perpustakaan sekaligus membuka Lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar/MI se-Kota Bitung.

Dalam kegiatan tersebut Mantiri katakan, menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi sehingga dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak. Ditinjau dari berbagai aspek, manfaatnya membantu pembentukan pribadi dan moral anak.  Dan cerita  efektif  pula mempengaruhi pola berfikir dan perilaku karena mereka senang mendengarkan,  walau dibacakan secara berulang-ulang. Demikian diungkapkan,  Wakil Walikota Bitung  pada pembukaan  lomba bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kota Bitung, yang dilaksanakan di aula Sanggar Kegiatan Belajar, Kelurahan Manembo-nembo tengah kecamatan matuari. Rabu (23/05/2018).



Mantiri mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sangat baik khususnya dalam menumbuhkembangkan cinta akan membaca yang dimulai dari anak-anak."membaca dan belajar memiliki tujuan yang jauh lebih penting dari sekadar meraih prestasi dan masuk perguruan tinggi yang bagus." ujar Mantiri didampingi Wakil Ketua TPP-PKK Kota Bitung Ny. Rita Mantiri Tangkudung.

Mantiri menjelaskan  pentingya keseimbangan dari sembilan kecerdasan dalam pertumbuhan anak dengan tidak memprioritaskan kecerdasan hanya pada  IQ ( Intellegence Quotient ) saja tapi juga pada EQ ( Emotional Quotient ), SQ ( Spiritual Quotient ), AQ ( Addversity Quotient ),CQ ( Creativity Quotient ), dan ESQ ( Emotional Spiritual Quotient yang merupakan gabungan dari EQ dengan SQ ).

"jangan nanti kita melihat anak yang menjawab pertanyaan matematika dengan benar mengatakan dia pintar, sedangkan anak yang membantu orang tua, rajin dan penolong dianggap hal-hal yang biasa saja, pola pikir seperti ini yang harus dirubah." tukas Mantiri.

Tingkat kecerdasan anak berbeda-beda, lanjut Mantiri, ada anak yang cerdas musikal, ada anak yang memiliki kecerdasan interpresonal, cerdas visual spasial, alam, kinestetik tubuh, moral, verbal linguistik, dan logika matematika."jadi kita tidak bisa melihat dari satu sisi saja seperti cara pandang umum saat ini." pungkasnya.

Mantiri berharap output dari pelaksanaan kegiatan ini mampu menghadirkan generasi muda yang memiliki minat dalam membaca, mencintai budaya daerah, dan memiliki bakat yang luar biasa sesuai dengan program pemerintah kota Bitung dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bitung.

Adapun dalam kesempatan itu, Mantiri juga mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta disaksikan Asisten III Setda Kota Bitung Youke Senduk, Camat matuari, para guru dan instansi terkait lainnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Kota Bitung Euginie N Mantiri, S. Pd, MAP. Ketika di jumpqi media ini Mengatakan lomba bercerita ini diadakan untuk meningkat prestasi dan kreatifitas para pelajar.

"Kita bangga terhadap anak-anak yang mampu bercerita di depan umum karena mempunyai keberanian menampilkan kreatifitasnya,’’ ujar Euginie.


Penulis : Ivan

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya