» » » SEKDES SE-MINUT IKUTI BINTEK PEMANTAPAN SISKEUDES

SEKDES SE-MINUT IKUTI BINTEK PEMANTAPAN SISKEUDES

Penulis By on Rabu, Mei 16, 2018 |

Dolly Kenap, SH. MH, Kabid PMD ( kiri )
METRO MINUT.  Sebanyak 97 Sekertaris Desa bersama Operator se Kabupaten Minahasa Utara mengikuti Bimbingan Teknis terkait pengoperasian Sistem Keuangan Desa ( Siskeudes ) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Utara, di Sutan Raja Hotel Kecamatan Kalawat - Minut. ( 16/5-2018).

Dijelaskan Dolly H.B. Kenap, SH. MH selaku Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinsos Serta PMD Kabupaten Minahasa Utara,  dari 125 Desa yang ada di Minut dan  diharapkan hadir dalam Bintek ini, tetapi yang  hanya 97 Desa yang mengirimkan Sekertaris dan Operator Desa.  Kebanyakan yang tidak hadir disebabkan kendala transportasi dari desa-desa yang ada di kepulauan.

Tujuan utama Bintek SISKEUDES ini, agar Sekdes lebih memahami cara pengoperasian dari sistem ini sehingga dalam pengelolaan administrasi keuangan dan pelaporanya yang berkaitan dengan penggunaaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa serta BHPR sesuai dengan prosedur dan regulasi yang diatur dalam UU , PP dan Permendagri, sebagai mana yang disampaikan Bupati Minut Vonny Aneke Panambunan melalui Sekertaris Daerah Ir. Jemmy Kuhu, MA. pada pembukaan Bimtek ini.

Ditambahkan Dolly, ada sejumlah peraturan yang harus dipahami dengan benar oleh Sekertaris Desa dalam hal pengelolaan Administrasi Keuangan Desa seperti, Permendagri No.113/2014 Tentang Pengelolaan Dana Desa,  dan Permendes No. 22/2016 terkait Penggunaan Dana Desa.  Diharapkan Pengelolaan Anggaran di Desa se Minahasa utara kedepan tidak akan berurusan dengan pihak hukum akibat ketidak telitian Sekdes dalam pelaporan Administrasi Dana Desa.

Bintek SISKEUDES  dibuka oleh Ir. Jemmy Kuhu, MA Sekda Minut dan pelatihannya  dipandu langsung oleh Manazar Panjaitan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, dan masing-masing Sekdes dilengkapi dengan Laptop. ( jansen )


Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya