» » » » OTT PUNGLI DI KSOP BITUNG, POLRES SITA RATUSAN JUTA RUPIAH DAN DOLAR AS

OTT PUNGLI DI KSOP BITUNG, POLRES SITA RATUSAN JUTA RUPIAH DAN DOLAR AS

Penulis By on Selasa, Mei 08, 2018 |




METRO BITUNG-Polres Bitung, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang pegawai di Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung. Polisi menyita uang tunai senilai ratusan juta rupiah dan ratusan dolar.

Kasat Reskrim AKP Edy Kusniadi dalam press conference di Mapolres Bitung menjelaskan, ES tertangkap tangan oleh tim dari Polres Bitung berdasarkan laporan dari para pengguna jasa pengurusan berlayar yang dikembangkan selama sebulan.


“Saat dilakukan penangkapan di meja kerja tersangka Erwan Setiawan terdapat 1 buah tas ransel berwarna hitam miliknya, berisi uang pecahan seratus ribu, lima puluh ribu rupia berjumalah Rp.102.832.000,-  serta mata uang Dolar Amerika pecahan 100 dolar sebanyak 6 lembar, pecahan 50 dolar sebanyak 2 lembar, pecahan 10 dolar sebanyak 2 Lembar, 5 buah HP serta buku daftar registrasi data nama dan jenis kapal yang akan diberangkatkan," jelasnya.

Sementara itu Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting SIK MH menjelaskan, pada hari Senin tanggal 7 Mei 2018 sekitar jam 23.00 wita, jajaran polres melakukan penangkapan atau OTT terhadap oknum PNS inisial ES warga Girian Indah, Kecamatan Girian di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Bitung.

"Praktek pungutan liar di kantor KSOP Bitung biasa dilakukan tersangka setiap malam hari. Modus uang  diambil tersangka  adalah hasil pemberian para pemilik kapal yang akan berlayar untuk mendapatkan Surat Persetujuan Berlayar Dari Kantor KSOP Bitung dengan jumlah bervariasi setelah surat ijin berlayar tersebut ditandatangani oleh tersangka," beber Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa tersangka akan dijerat dengan Pasal yang dipersangkakan atas Operasi Tangkap Tangan (OTT),"yaitu pasal 12 huruf b gratifikasi atau huruf e pemerasan UU No 31 tahun 1999 dan UU 20 tahum 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," pungkasnya.

Penulis : Ivan
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya