» » » KADIN MELIRIK POTENSI SABUT KELAPA DI SULUT

KADIN MELIRIK POTENSI SABUT KELAPA DI SULUT

Penulis By on Jumat, Mei 04, 2018 |

HANGKY GERUNGAN,  KETUA KADIN SULUT

METRO MANADO.  Propinsi Sulawesi Utara yang dikenal sebagai Bumi Nyiur Melambai memiliki potensi terbesar untuk eksport Sabut Kelapa alias Gonofu yang sangat dibutuhkan oleh sejumlah negara pengasil mobil-mobil mewah.

Dijelaskan Ketua Kamar Dagang dan Industri  ( KADIN ) Propinsi Sulawesi Utara, Hangky Gerungan, dimana potensi Bumi Nyiur Melambai berupa Sabut Kelapa sangatlah menjanjikan untuk pasar eksport kesejumlah Negara , sebagai salah satu bahan untuk Jok Mobil.

Kata HAG sapaan akrab Hangky, pohon kelapa yang tumbuh subur di seluruh wilayah Sulut, belum sepenuhnya dimaksimalkan untuk menghasilkan berbagai produk turunan yang sangat menjanjikan dipasar export, sehingga  hal ini patut disayangkan, jelas Hangky.

Permintaan pasar Luar Negeri sangat banyak, tetapi belum ada keseriusan dari pengusaha lokal untuk memenuhi permintaan pasar.  Bahkan ada yang telah melakukan kontrak dengan Luar Negeri tetapi akhirnya tidak berlanjut karena tidak mampu memenuhi target sesuai kontrak yang dibuat, seperti export Kopra dan, Sabut Kelapa alias Gonofu.

Untuk itulah,  pada kesempatan Rapat Koordinasi KADIN Wilayah Indonesia Timur yang dilaksanakan di Grand Kawanua Convention Center Manado ( 4 - 5 Mei 2018 ), menjadi kesempatan yang sangat menguntungkan daerah ini, dalam membangun jaringan dan memperkenalkan potensi export Sulawesi Utara baik berupa Produk Pertanian / Perkebunan seperti turunan produk Kelapa, Cengkih dan Pala serta hasil perikanan.

Keuntungan lain menurut Hangky , atas pelaksanaan Rakorwil KADIN Indonesia Timur buat Sulawesi Utara sebagai tuan rumah, dimana penentuan Topik Pembahasanan ditentukan Tuan Rumah berdasarkan potensi yang ada didaerah, yang difokuskan pada 3 Topik Bahasan : Infrastruktur, Pariwisata dan Perikanan.  Demikian pulah dalam memilih nara sumber sebagai pemateri dalam Rakorwil ditetapkan oleh Propinsi Sulut.

Hadir dalam Rakorwil KADIN Indonesia Timur, Penrus Pusat  KADIN , pengurus dari Propinsi NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara sendiri.Dan dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. ( Jansen ).
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya