» » » AVILIANI : PEMBERANTASAN KORUPSI BERPENGARUH PADA PERTUMBUHAN EKONOMI

AVILIANI : PEMBERANTASAN KORUPSI BERPENGARUH PADA PERTUMBUHAN EKONOMI

Penulis By on Jumat, Mei 04, 2018 |

Dr. Aviliani, SE. MSi
METRO MANADO.   Menarik apa yang  katakan Dr. Aviliani, SE. MSi .terkait dampak program pemberantasan korupsi  terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang menurutnya, membuat pertumbuhan ekonomi menjadi stagnan.

Hal ini dipaparkannya pada Rapat Koordinasi Wilayah Indonesia Timur KADIN di Grand Kawanua Convention Center Manado ( 4/5-2018 ) selaku pemateri dalam Rakorwil ini.  Menurut Dr. Aviliani, dengan gencarnya program pemberantasan korupsi oleh pemerintahan Jokowi saat ini, membuat para koruptor takut untuk membelanjakan uang hasil korupsi mereka,  sehingga konsumsi masyarakat menjadi sedikit  dan ujung-jungnya ekonomi menjadi stagnan.

Ditambahkan Aviliani, " sebelum program pemberantasan korupsi dilakukan,  uang hasil korupsi langsung dibelanjakan berapapun yang mereka inginkan, tanpa pikir-pikir lagi.  Tetapi saat ini, koruptor takut membelanjakan uang hasil korupsi mereka, mau simpan di Bank  takut diperiksa oleh PPATK, mau dibelanjakan takut diperiksa oleh Perpajakan. Sehingga perputaran konsumsi masyarakat menjadi stagnan."

Namun menurutnya,  setuju dengan  pemberantasan korupsi, karena pertumbuhan ekonomi yang ada saat ini kembali menjadi normal, yang dulunya didorong oleh tingginya konsumsi masyarakat, tetapi sekarang mulai kembali pada posisi normal.  Diharapkan berbarengan dengan program pemberantasan korupsi ini,  maka ekonomi akan merata keseluruh masyarakat, tidak hanya terpusat pada sebagian orang saja.

Untuk itu pihaknya mendorong agar pemerataan pembangunan ekonomi harus sampai ke daerah-daerah.  Sebagai contoh , nilai proyek pemerintah  hingga nilai Rp. 50 Miliar diserahkan kepada pengusaha lokal didaerah, jadi tidak melulu dikuasai oleh perusahan besar atau BUM. , Jelas Dr. Aviliani, SE. MSi, selaku pengamat ekonomi Indonesia dan Advisor pada Kementrian Desa. ( jansen )
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya