» » » » » » SUKSES "HARTY PONOMBAN" TERINSPIRASI PERJUANGAN R.A KARTINI

SUKSES "HARTY PONOMBAN" TERINSPIRASI PERJUANGAN R.A KARTINI

Penulis By on Sabtu, April 21, 2018 |

HARTY PONOMBAN
METRO MANADO-Perjuangan Raden Ayu Kartini untuk hak-hak perempuan menjadi refrensi bagi wanita kelahiran Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara, bernama Harty Ponomban-Lontoh.
Kepada metromanado, dia kemudian menjelaskan prihal makna perjuangan seorang bernama Raden Ayu Kartini. Terinspirasi dari kuatnya sang Kartini, Harty kemudian bangkit menjadi wanita yang kuat setelah sebelumnya, dia merasakan sebuah persoalan yang hampir membuat dirinya tak mampu berdiri.
Sebuah persoalan rumah tangga menimpah Harty ditahun 2004, ketika dia bercerai dari suaminya. Dia mengaku hampir kehilangan keseimbangan dalam hid upnya, karena harus berjuang membesarkan anak semata wayang tanpa suami.
Berkaca pada sosok Ibu Kartini, Harty kemudian meninggalkan Desa Tombatu menuju kota Manado tahun 2005. Selang beberapa waktu, dia kemudian dia ditawarkan pekerjaan di Kota Balikpapan Kalitantan Timur.
Disana dia belajar mandiri, bekerja disebuah perusahaan Supplier BBM sebagai marketing. Kini Harty telah sukses karena termotifasi cerita tentang sang Ibu kita Kartini. Dia sudah memiliki Rumah mewah di kawasan Perumahan Watutumou, dan beberapa rumah di tempat berbeda, mobil mewah serta menyenangkan orang tua dan membesarkan anak wanitanya yang cantik.
Lanjut Harty menjelaskan, meski berada jauh dari tanah kelahiran, dia mengaku tidak melupakan makna dan jasa perjuangan R.A. Kartini. Diapun mengaku sangat merasakan manfaat dari perjuangan R. A. Kartini bagi perempuan muda di Indonesia, dan itulah yang membuat dia mampu bertahan.
Baginya, sang pahlawan telah tememberi inspirasi bagi dirinya untuk mau 'berperang' melawan ketidakadilan dan diskriminasi dengan keyakinan diri yang kukuh. “Kartini adalah sosok yang luar biasa. Meskipun hidup terkungkung adat namun dia mampu berusaha mandiri dan berjuang dari balik dinding. menyuarakan pikiran semakin lantang. Kartini adalah sosok modern yang berasal dari masa lalu sehingga pantas dikenang dan diketahui kisahnya oleh para generasi muda Indonesia terlebih kusus perempuan,”ujar Harty.
Dia berharap, bahwa perempuan muda Indonesia harus menjadikan setiap tanggal 21 April sebagai momen untuk berjuang dengan cara masing-masing demi menaikkan harkat wanita dan mengentaskan diskriminasi. Dan tidak mustahil satu saat perjuangan Kartini mampu membuka ruang buat ribuan orang jadi Kartini.” R A. Kartini adalah sosok pahlawan wanita  hebat tetapi juga cerdas. RA Kartini ibarat seorang Ibu yang berhasil membesarkannya meskipun berjuang menjadi sebagai orangtua tunggal. R. A. Kartini menjai penting bagi perempuan karena dia adalah pelopor kesetaraan hak antara Pria dan Wanita di Indonesia,”tandas Wanita cantik murah senyum ini.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya