» » » » PERINGATI HARI KARTINI. INI KATA YURIKE MARIA SIGARLAKI

PERINGATI HARI KARTINI. INI KATA YURIKE MARIA SIGARLAKI

Penulis By on Sabtu, April 21, 2018 |


METRO MANADO-Yurika Maria Sigarlaki adalah saahsatu perempuan asal Kawanua yang mengaku kagum dengan perjuangan perempuan bernama lengkap Raden Adjen (AYU) Kartini.

Bahkan kata Ike, sapaan akab Yurike, Bulan April angat identik dengan nama perempuan yang sukses memperjuangkan hak-hak perempuan. Tak tanggung-tanggung, Ir Soekarno, Presiden pertama Indonesia menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Pahlawan, yang diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.
Lanjut dikatakan Ike, berbagai upaya dilakukan Kartini dimasa dia hidup, termasuk mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak perempuan di Jepara tempat kelahiran Kartini.
“Saya pernah membaca sejarah R. A. Kartini, dimana kebangkitan perempuan Indonesia berawal ketika munculnya sebuah buku berjudul Door Duistermis tox Licht. Habis Gelap Terbitlah Terang. Demikian kumpulan surat-surat Raden Ajeng Kartini yang terkenal. Surat-surat yang dituliskan kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda itu kemudian menjadi bukti betapa besarnya keinginan dari seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada zamannya,”kata Ike kepada metromanado, Sabtu(21/04/2018) di Manado.
Disisi lain kata Ike, diapun merasakan sesuatu yang luar biasa dalam hidupnya, ketika harus berjuang membesarkan anak-anaknya tanpa kehadiran seorang suami.”Ini adalah perjuangan yang sulit. Tetapi jika Ibu kita Kartini bisa berjuang dan sukses, kenapa saya tidak?. Kita harus menjadi Kartini yang kuat sehingga kita bisa memperoleh hak kita sebagai perempuan,”ujarnya.
Diapun meyakini, jika Kartini masih hidup, beliau pasti akan sangat bahagia melihat wanita masa kini yang berjuang secara mandiri seiring berjalannya waktu. “Kartini adalah sosok yang mampu memperjuangkan nilai dan etos perjuangan. Itu sebabnya kita harus mampu menjaga nilai-nilai perjuangannya. Mari bangkit perempuan Sulut yang cerdas dan hebat,”ujar perempuan cantik yang sukses menekuni bidang kontraktor ini.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya