» » » » PANSUS LKPJ DAN PERPUSTAKAAN MULAI BEKERJA. DINAS KESEHATAN DAPAT KESEMPATAN PERTAMA

PANSUS LKPJ DAN PERPUSTAKAAN MULAI BEKERJA. DINAS KESEHATAN DAPAT KESEMPATAN PERTAMA

Penulis By on Senin, April 23, 2018 |

PEMBAHASAN PANSUS LKPJ DAN PD TERKAIT
METRO MANADO-Jadwal Pimpinan dan Anggota DPRD Manado bersama Sekretariat Dewan di Bulan April 2018 boleh terbilang padat. Pasalnya setelah disibukan dengan rapat paripurna penyampaian LKPJ Walikota tahun 2017, kemudian pembentukan Panitia khusus LKPJ dan Perpustakaan, Kedua Pansus tersebut harus melakukan study Komparasi di daerah yang sudah menyelesaikan LKPJ.
Selanjutnya, sejak pagi hingga malam tadi, Senin (23/04/2018)Panitia Khusus Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) walikota 2017, serta Pansus Perpustakaan melakukan hearing atau dengar pendapat dengan Perangkat Daerah (PD) se-Kota Manado, guna membahas LKPJ Walikota 2017.
Diawali Dinas Kesehatan, Pansus LKPJ memulai agendanya, untuk mendengarkan pernyataan Perangkat daerah (PD) terkait LKPJ yang disampaikan Waikota Manado GSVL beberapa waktu lalu lewat Rapat Paipurna.
Mengacuh kepada undang-undang no. 3 tahun 2017 tentang LKPJ, Ketua Pansus Benny Parasan memberikan kesempatan pertama kepada Dinas Kesehatan, kemudian Dinas pendidikan dan Dinas Perkim.
Dari pantauan metromanado, yang menjadi pembahasan cukup alot adalah Dinas Kesehatan. Markho Tampi, Revanny Parasan, Abdul Wahid serta Jonas Makawata, mempertanyakan berbagai progeram yang sudah dilaksanakan Dinas kesehatan di tahun 2017.
Bukan hanya itu, realisasi penggunaan anggaran lewat APBD 2017, juga menjadi pertanyaan serius Anggota Pansus, terutama dana untuk Ibu melahirkan yang menurut Kadis Kesehatan Robby Mottoh dibiayai lewat APBD. Hanya saja kata Revanny Parasan, Dinas kesehatan harus membuktikan secara fisik, apakah benar para ibu yang melahirkan itu dibiayai APBD.
Selain itu, Markho Tampi juga mempertanyakan soal aktifitas dokter, perawat dan THL yang ditempatkan di Puskesmas Pulau Bunaken kecamatan Bunaken.
Secara lengkap prosesnya akan dibahas setelah Pansus selesai melakukan kunjungan lapangan terkait semua pernyataan disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Dinas pendidikan dan Dinas Perkim.
"Kami akan mengunjungi sejumlah tempat berdasarkan hasil pembahasan tadi," tegas Ketua Pansus LKPJBenny Parasan. Dalam pembahasan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Dewan Manado Michael Tendirerung.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya