» » » » KOMISI C HEARING DISHUB TERKAIT TENGGELAMNYA KAPAL COELACHANTH

KOMISI C HEARING DISHUB TERKAIT TENGGELAMNYA KAPAL COELACHANTH

Penulis By on Senin, April 09, 2018 |


METRO MANADO-Kapal Coelacanth milik Dinas Perhubungan Kota Manado tenggelam. Berdasarkan hal itu, Kimisi C sebagai mitra kerja mengundang Dinas Perhubungan untuk memberikan penjelasan lewat hearing terkait tenggelamnya kapal tersebut.

Hearing Komisi C dan Dinas perhubungan dipimpin Ketua Komisi Lilly Binti SE, dan dihadiri Sekretaris Komisi Robert Tmabuwun SH, Wakil Ketua Diana Pakasi, personil Komisi D serta Kepala Dinas Perhubungan M Sofyan dan beberapa Kabid.

Dikatakan Anggota Komisi C Markho Tampi, pihaknya menduga adanya pembiaran terhadap kapal tersebut. Itu sebabnya kata Tampi, dirinya sangat menyesalkan peristiwa tersebut.
“Pengurangan tenaga harian lepas (THL) yang notabene sebagai penjaga kapal coelacanth adalah salahsatu factor tenggelamnya kapal itu. Jadi wajar kalau kapal ini tenggelam. Karena ternyata Dishub putuskan kontrak THL yang menjaga kapal itu,”tegas Tampi disela-sela gelaran hearing dengan Dinas Perhubungan, Senin (09/04/2018).


Hal itu dibantah Kepala Dinas Perhubungan M Sofyan. Menurutnya tenggelamnya kepal tersebut bukan disebabkan karena kurangnya THL, tetapi karena faktor alam.”Jika ada yang menyatakan hal itu adalah kelalaian Dinas Perhubungan, itu adalah pernyataan mereka. Tetapi saya mau jelaskan, bahwa kapal tersebut tenggelam karena beberapa factor termasuk cuaca,”tandas Sofyan.
Lanjut dikatakan Sofyan, kapal tersebut lama tidak beroprasisejak diserahkan ke Dishub sejak tahun 2009 silam.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya