» » » » KETATNYA PERSAINGAN DAPIL WENANG-WANEA DIPILEG 2019. ALBERTINA TUMIGOLUNG DIPREDIKSI TAMBAH SATU KURSI UNTUK DEMOKRAT

KETATNYA PERSAINGAN DAPIL WENANG-WANEA DIPILEG 2019. ALBERTINA TUMIGOLUNG DIPREDIKSI TAMBAH SATU KURSI UNTUK DEMOKRAT

Penulis By on Kamis, April 26, 2018 |

METRO MANADO-Persaingan kontestan Pemilihan Legislativ (PILEG) Kota Manado tahun 2019 khususnya Daerah Pemilihan (DAPIL) Kecamtan Wenang-Wanea semakin mamanas. Pasalnya sejumlah kader terbaik partai peserta pemilu di Dapil tersebut adalah figure-figur yang mapan dan bakal diikuti oleh sejumlah kader partai yang memiliki basis masa yang tidak bisa dianggap remeh. Sebut saja Lilly Walandha Partai Demokrat, Deasy Roring Partai Demokrat, Hengky Kawalo PDI-P, Benny Parasan Gerindra, Lilly Binti Golkar, Diana Pakasi Nasdem, Roy Maramis PKPI, Pingkan Nuah PDI-P dan Revanny Parasan Hanura. Mereka adalah Anggota DPRD Manado yang bakal kembali mengikuti Pileg 2019.
Meski demikian, hal itu tidak menyrutkan langkah Albertina Tumigolung untuk menjadi salahsatu kontestan dalam Pileg 2019 nanti. Buktinya, Bendahara Umum DPC-Partai Demokrat Kota Manado itu, sudah mendaftarkan diri sebagai salahsatu Bakal Calon Legislativ (Bacaleg) 2019 lewat Partai Demokrat.
Sejumlah pengamat politik kota Manado kemudian mulai memprediksi, siapa salahsatu dari 9 nama Anggota DPRD Manado Dapil Wenang-Wanea yang bakal digeser Albertina Tumigolung. Itu karena menurut pengamat politik yang enggan disebut namanya itu, bahwa dalam Pileg 2019,  Albertina Tumigolung diprediksi akan mampu meraih 1 kursi ke DPRD Manado.”Kita tidak berandai-andai. Tapi fakta yang terjadi di Pileg 2014 lalu menjadi modal bagi Ibu Ine. Faktanya, Politisi PD Manado itu mampu meraih 1.400san suara dan berada di bawah dua politisi Demokrat lainnya yakni, Deasy Roring dan Lilly Walandha. Apalagi system pembagian kursi berbeda dengan tahun 2014 silam, dimana kursi terakhir deberikan kepada partai yang memiliki suara terbanyak dideretan partai yang perolehan suaranya paling sedikit. Berbeda dengan Pileg 2019 nanti, dimana bilangan pembagi perolehan suara ditentukan oleh partai pengumpul suara paling banyak kemudian dibagi tiga. Artinya partai besar”istilanya”bisa saja meraih lebih dari dua kursi jika perolehan suara terbanyak lebih dari 12.000, khusus untuk Dapil Wenang-Wanea yang menyediahkan 9 kursi,”ujar sumber.
Berkaca dari Pileg 2014 kata sumber, Ibu Ine biasa Albertina Tumigolung disapa, pasti memiliki strategi khusus untuk mengubur pil pahit di tahun 2014 silam.
Meski tidak menyebutkan nama, namun kata sumber kemungkinan ada empat nama lama yang bakal tereliminasi dari kursi DPRD Manado, dan salahsatu kursi yang bakal ditinggalkan, diprediksi bakal menjadi milik Ibu Ine.
Namun begitu kata sumber, dia enggan menyebut partai yang bakal memperoleh kursi terbanyak.”Kita lihat nanti. Apakah prediksi saya benar. Atau mngkin saja salah,”tandasnya.
Sementara itu, Albertina Tumigolung yang ditemui metromanado mengatakan, semua bisa saja berprediksi. Sumber selaku pakar politik tentu memiliki berbagai penilaian terhadap para kontestan Pileg yang bakal muncul di tahun 2019. Diapun mengaku, keikutsertaan dalam Pileg 2019 mendatang adalah untuk menambah daya gedor Partai Demokrat di Dapil Wenang-Wanea. Khusus untuk peserta di internal Demokrat, diakuinya memiliki basis yang kuat. Itu sebabnya dia tidak ingin bersaing dengan kader Internal partai. Tapi katanya, tidak ada salahnya jika ada kader diinternal Demokrat yang ikut membantu, untuk mendongkrak perolehan suara guna memperoleh kursi sebanyak-banyaknya di Dapil Wenang-Wanea.”Yang paling utama adalah minta restu Tuhan, keluarga, Pimpinan partai dan rsetu masyarakat di Dapil. Soal menang kalah itu biasa dalam politik. Saya sudah merasakan helatan politik khusus Pileg di tahun 2014. Hal itu tentu menjadi penting untuk diingat sekaligus diperbaiki,”tandas Istri tercinta Direktur Umum PT. Air Manado ini.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya