» » VANDA PINONTOAN: PENTINGNYA PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DI USIA BELAJAR

VANDA PINONTOAN: PENTINGNYA PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DI USIA BELAJAR

Penulis By on Kamis, Maret 22, 2018 |

VANDA PINONTOAN
METRO MANADO-Anggota Komisi D DPRD Manado Vanda Pinontoan mengatakn, sekolah adalah tempat yang formal bagi anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan teratur. Namun begitu katanya, berbagai penelitian menunjukan bahwa, peran orang tua sangat penting dalam pencapaian nilai belajar anak didik.” Jika orang tua mengambil peran aktif dalam pendidikan anak-anak, akan menghasilkan nilai belajar yang lebih baik. Itu karena keterlibatan orangtua memiliki kaitan erat dengan hasil prestasi anak. Peran orang tua menjadi sangat penting dalam membantu peserta didik atau siswa. Dan itu telihat pada indikasi-indikasi kesuksesan anak, apakah itu nilai standar, atau metode pengukuran lain termasuk pencegahan pergaulan anak di luar sekolah,”kata Pinontoan.

Ditambahkan Pinontoan, keterlibatan orang tua adalah salahsatu penentu dalam meningkatkan prestasi anak dan juga menjaga kedewasaan serta memperkuat mental anak, sebab keterlibatan orang tua bukan hanya proses yang statis tapi berlangsung sepanjang waktu dan sangat dinamis. Dia mengatakan, pengaruh lingkungan dan sosial akan secara bersamaan memegang peranan penting dalam proses pembentukan seorang siswa.

Itu sebabnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua terhadap anak yang sedang duduk dibangku pendidikan anatara lain, memastikan anak atau siswa memiliki tempat yang kondusif untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR), membantu anak mengerjakan PR, berkomunikasi dengan anak terkait kegiatan sehari-hari serta melakukan komunikasi dengan guru terkait perkembangan anak saat berada di sekolah.

Jika hal itu sudah dilakukan orang tua, maka apabila orang tua mendapati nilai anaknya rendah, maka tanggungjawab tentu akan tertuju pada sekolah tempat anak itu belajar. “Tenaga pendidik atau guru akan dipertanyakan,”tegasnya.
Nilai UNBK Kota Manado yang melorot ke urutan ke-13 se-Sulut, adalah pembuktian bahwa memang benar orang tua harus mengambil peran dalam memproteksi tingka-laku anak. Apalagi diera sekarang ini, pada umumnya anak sekolah di bangku Sekolah Dasar sudah bisa mengoprasikan HP bertekhnologi tinggi. Kecenderungan anak-anak memainkan HP akan mengganggu proses belajar di luar sekolah, karena lewat media tersebut anak-anak jadi tidak focus dengan ilmu yang baru diterapkan dari sekolah.”Nah,,, ini yang perlu diperhatikan dan menjadi peran orang tua untuk menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang telah melewati batasannya,”jelas Politisi Demokrat itu.(jose)


Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya