» » » BERBAGAI PERSOALAN PEMBANGUNAN MENGEMUKA DI GELARAN RESES SEKRETARIS KOMISI B LILLY WALANDHA

BERBAGAI PERSOALAN PEMBANGUNAN MENGEMUKA DI GELARAN RESES SEKRETARIS KOMISI B LILLY WALANDHA

Penulis By on Selasa, Maret 27, 2018 |


METRO MANADO-Reses adalah kewajiban setiap anggota DPRD dan juga gambaran kepedulian Wakil Rakyat atau anggota DPRD untuk memperbaiki berbagai sarana serta berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, karena reses dimaksudkan untuk menyerap aspirasi di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing yang diatur lewat perturan perundang-undangan.
Itu sebabnya, Lilly Walandha, SE.MBA menemui warga di Kelurahan Wenang Selatan lingkungan 4, dengan lebel Reses dan ikut dihadiri Camat Wenang, Donald Sambuaga, sejumlah lurah dan perwakilan PT PLN Cabang Kota Manado.
Sekretaris Komisi B bidang perekonomian daerah DPRD Kota Manado ini dalam reses pertama di tahun 2018 terlihat antusias mendengarkan berbagai aspirasi warga yang tinggal dipesisir pantai Manado itu.
Dari pantaun metromanado, berbagai persoalan terkait pembangunan drainase, tambatan perahu, pembangunan jalur hijau serta penyaluran beras prasejahtera ikut mengemuka dalam reses yang digelar, Selasa (27/03/2018) tersebut.
Parahnya lagi, proyek sanitasi komunal yang pembuangannya langsung ke drainase sangat mengganggu kenyamanan masyarakat yang tinggal di lingkungan tiga.

Persoalan drainase yang mengakibatkan terjadinya genangan air, penataan jalur hijau, masalah sampah yang dibuang di drainase ikut mewarnai reses tersebut.
Selain itu, keberadaan tambatan perahu (dermaga) bagi nelayan yang dipandang kurang memadai, proyek sanitasi komunal yang pembuangannya langsung ke drainase sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat yang berada di lingkungan tiga.
Sementara untuk proyek jalur hijau di sepanjang Jalan Piere Tendean menurut warga cukup mengancam keselamatanwarga pejalan kaki karena tehel yang dipasang untuk pejalan kaki sangat licin dan telah memakan korban, karena licin. Selain itu, proses pekerjaannya juga disayangkan warga, karena tidak dikerjakan oleh kontraktor pemenang tender.”Ini pekerjaan asal jadi . soalnya oleh konteraktor pekerjaan ini kemudian dikerjakan oleh Sub konttarktor (Subkon),”ujar salahsatu warga yang menghadiri reses tersebut.

Menjawab aspirasi warga, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di Dewan Kota Manado itu mengatakan, berbagai aspirasi yang disampaikan warga akan menjadi catatan penting untuk diperjuangkan, sekaligus menjadi bahan untuk disampaikan dalam laporan hasil reses dalam rapat paripurna laporan hasil reses.
Diapun menjelaskan, bahwa berbagai persoalan yang timbul ditengah masyarakat mengenai pembangunan infrastruktur, termasuk menyangkut layak dan tidaknya warga penerima beras pra sejahtera menjadi tanggungjawab pemerintah.”Sebagai wakil rakyat, saya tentu tidak menutup mata. Ini adalah tugas serta amanah dari warga yang akan saya perjuangkan. Apalagi soal tambatan perahu atau dermaga. Nah,,, ini sebenarnya adalah tanggungjawab pengembang. Tambatan perahu harus dibangun oleh pengembang, karena hal tersebut adalah bagian dari perjanjian dengan masyarakat dan pemerintah Kota Manado,”tegas Walandha yang disambut standing uplouse oleh warga.


Dikesempatan tersebut, Camat SWenang Donald Sambuaga menjelaskan pentingnya kesadaran masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih guna menghindari bencana dari banjir, karena salahsatu penyebab terjadinya banjir adalah penyumbatan drainase yang diakibatkan oleh sampah yang dibuang oleh masyarakat. Namun demikian kata Sambuaga, sampah yang menyumbat drainase, disebabkan karena sampah yang dibuang leh masyarakat yang berada di daerah ketinggian, smentara warga lingkungan 4 Wenang selatan berada di daerah yang datar.
“Say tidak tidak bisa pungkiri, bahwa salahsatu penyebab banjir di wilayah ini disebabkan sampah yang berasal dari lingkungan lain yang berada di daerah ketinggian,”terang Sambuaga.
Diakhir reses. Walandha meminta agar masyarakat ikut menjaga kenyamanan lingkungan serta tetap mendukung program pemerintah.”Jadilah warga kota Manado yang cerdas. Dukung program pemerintah. Kita memiliki Walikota dan Wakil Walikota yang cerdas dan cinta terhadap rakyatnya. Saya mau katakana, bahwa penghargaan Walikota terbaik serta Kota terbaik tidak lepas dari upaya warga yang ikut membantu berbagai program pemerintah,”tandas salahsatu Politisi yang kembali dipercayakan pertain demokrat untuk bertarung pada Pileg 2019 mendatang.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya