» » » » KETUA DEWAN: KENAIKAN KESEJAHTERAAN DPRD HARUS DIIKUTI PENINGKATAN KINERJA

KETUA DEWAN: KENAIKAN KESEJAHTERAAN DPRD HARUS DIIKUTI PENINGKATAN KINERJA

Penulis By on Selasa, Juli 25, 2017 |

NOORTJE VAN BONE
METRO MANADO-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menaikan uang kesejahteraan Pimpinan dan Anggota DPRD di seluruh Indonesia termasuk DPRD Kota Manado. Dan hal itu sudah dituangkan lewat  Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD disetiap Daerah.
Peraturan Pemerintah itu, secara resmi ditetapkan pada tanggal 2 Juni 2017. Artinya peraturan mengenai tunjangan DPRD yang sebelumnya diatur lewat Peraturan Pemerintah PP  no. 24 tahun 2014 tidak lagi diberlakukan sebab sudah ada PP no 18 tahun 2017.
Menurut Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone, besaran tunjangan atau kesejahteraan bagi anggota DPRD sudah bertambah dan sedang dalam proses pembahasan Ranperda oleh Pansus.”Saya yakin, dengan bertambahnya uang kesejahteraan DPRD secara kelembagaan akan membuat DPRD lebih nyaman dalan menjalankan tugas dan fungsinya selaku pejabat negara yang dipilih oleh rakyat,”kata Politisi Partai Demokrat Manado ini Selasa (25/07/2017) di Manado.

Pada bagian lain kata Van Bone, fasilitas bagi anggota DPRD juga ditambah lewat uang rumah jabatan, rumah dinas, hingga kendaraan dinas. Dan yang paling menakjubkan adalah, jika pimpinan DPRD tidak menggunakan kendaraan dinas maka akan menerima uang transportasi. Diperkirakan ketambahan kesejahteraan Pimpinan dan Anggota DPRD akan naik hingga 80 persen.

Sebagaimana diatur lewat Peraturan Pemerintah no 18 tahun 2017, DPRD menerima tunjangan Komunikasi yang disesuaikan dengan pendapatan daerah, yang cukup fantastis yang terbagi dalam tiga kategori yakni, Kota Kategori tinggi, sedang dan rendah. Kenaikan uang kesejahteraan DPRD Manado tersebut, diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja Anggota DPRD.(jose)










Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya