» » » KADIS PUPR DAMPINGI WALIKOTA MANADO GSVL LETAKAN BATU PERTAMA REVITALISASI PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN

KADIS PUPR DAMPINGI WALIKOTA MANADO GSVL LETAKAN BATU PERTAMA REVITALISASI PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN

Penulis By on Selasa, Juli 25, 2017 |


METRO MANADO-Selasa (25/07/2017), Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang bersama Perusahaan Daerah (PD Pasar Manado, mulai melakukan revitalisasi pasar Pinasungkulan di Kelurahan Karombasan Manado.
Revitalisasi Pasar Pinasungkulan tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Manado DR. Ir GS, Vicky Lumentut (GSVL).


Pada kesempatan itu, GSVL mengatakan, untuk menyelesaikan pekerjaan revitalisasi Pasar Pinasungkulan yang dijadwalkan selama 150 hari kalender atau selambat-lambatnya tanggal 10 Desember 2017 ini perlu kerja sama semua pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi lebih utama pihak kontraktor agar bekerja dengan baik dan tepat waktu, tidak hanya mengejar untung tetapi kualitas pekerjaan tidak sesuai yang diharapkan.


“Pemkot Manado akan melakukan penilaian dan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Jika pekerjaan baik dan tepat waktu, pemerintah akan memberikan apresiasi. Bekerjalah dengan baik dan bertanggung jawab,” ujarnya.
Menurut Walikota Manado, pekerjaan ini akan diawasi, tidak hanya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) stetapi masyarakat juga diminta untuk ikut mengawasi pekerjaan untuk mempercantik pasar Pinasungkulan.

“Masyarakat juga saya minta ikut pula mengawasi pembangunan pasar ini. Jika pekerjaan ini berjalan dengan baik, saya akan memberikan apresiasi kepada pihak kontraktor dengan memberikan pekerjaan selanjutnya,” ujar GSVL.


Kepala Dinas PUPR Kota Manado Peter KB Assa menjelaskan, proyek pengembangan Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado menggunakan dana Pemkot Manado dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado tahun 2017 sebesar Rp14.730.781.000.


“Perlu kami jelaskan, bahwa, sumber dana pembangunan Pasar Pinasungkulan ini berasal dari APBD murni Kota Manado tahun anggaran 2017. Pembangunan ini memang sudah lama direncanakan, namun baru terealisasi sekarang,” jelasnya.


Beberapa pekerjaan yang dilakukan dalam pembangunan pasar ini, lanjut Peter, yakni normalisasi aliran sungai, pematangan lahan dan pagar keliling pasar, saluran, jalan pedestrian utama, lantai kawasan pasar, pelebaran jalan sepanjang 10 meter, pembangunan los baru seluas 37×35 meter persegi, pembangunan bak sampah sementara, renovasi pasar tua dan pembuatan sign in Cerdas.


Selain itu kata Assa, pihaknya akan membangun los dan lapak-lapak untuk pedagang dengan memanfaatkan dana tugas pembantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
“Memang untuk pembangunan revitalisasi pasar Pinasungkulan Karombasan Manado ini, Dinas PUPR juga didampingi Disperindag Kota Manado. Ada dana yang disiapkan dari dana tugas pembantuan yang diberikan Kementerian Perdagangan. Bantuan dana ini untuk membangun los dan lapak-lapak bagi pedagang di pasar ini. Dana yang siapkan sebesar Rp 9.232.900.000,”tandas Assa.(jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya