» » » INTENSITAS HUJAN TINGGI. KETUA DPRD MINTA WARGA MANADO TETAP WASPADA

INTENSITAS HUJAN TINGGI. KETUA DPRD MINTA WARGA MANADO TETAP WASPADA

Penulis By on Rabu, Januari 04, 2017 |

NOORTJE VAN BONE
METRO MANADO-Selama kurang lebih satu bulan, Kota Manado diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, seiring dengan hal itu, Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone, menghimbau agar seluruh warga kota Manado untuk terus waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.”Kita tau bersama, kota manado sangat rentan dengan yang namanya bencana, baik banjir maupun tanah longsor. Itu sebabnya saya minta kepada warga yang tinggal di daerah-daerah kemiringan, untuk menghindari tempat tersebut. Elain itu, warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tetap waspada,”kata Van Bone kepada metromanado, Rabu (04/01/2016). Disisi lin, kata Van Bone, dengan datangnya musim hujan, berbagai penyakit merupakan hal yang sering dialami oleh masyarakat. Deman Berdarah Dengue (DBD), diare, batuk pilek serta demam, itu adalah beberapa contoh penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat.
Menurutnya, penyakit di musim hujan bisa dicegah selama warga juga mampu menjaga kebersihan lingkungan dan ketahanan tubuh. Khusus penyakit DBD dapat dihindari dengan rajin membersihkan genangan air agar tidak timbul jentik nyamuk.
“Jangan sampai ada saluran yang mampet dan menyebabkan air tergenang, karena genangan air akan menjadi sarang nyamuk,” terang Van Bone.
Selain itu, untuk wilayah yang memiliki potensi banjir juga merupakan sumber penyakit, karena ketika banjir biasanya kulit menjadi gatal-gatal. Disisi lain, Van Bone meminta agar Dinas Kesehatan lewat Puskesmas yang ada di Keluarhan, dapat melakukan pemantauan di sejumlah kelurahan, guna memastikan kesehatan warga.”Selain banjir dan tanah longsor, mjsm hujan juga berpotensi berkembangnya jentik penyakit. Itu sebabnya saya minta Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas untuk terus memantau kondisi warga di setiap kelurahan,”tandas Van Bone.(jose)


Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya