» » » » WARGA MANADO “GEGER”. WALIKOTA MANADO VICKY LUMENTUT DI SANDERA

WARGA MANADO “GEGER”. WALIKOTA MANADO VICKY LUMENTUT DI SANDERA

Penulis By on Senin, Desember 05, 2016 |

METRO MANADO-Warga Kota Manado digegerkan oleh berita diculiknya Walikota Manado DR GS Vicky Lumntut Senin (05/12/2016), sekitar pukul 14.30 Wita. Dari pantauan metromanado, Walikota Manado yang tiba di pelataran Kantor Walikota tiba-tiba disekap oleh kawanan  penculik, dengan langsung menodongkan senjata laras pendek dan panjang ke bagian perut GSVL sapaan akrab Walikota. Para penculik yang tidak dikenal itu, kemudian membawah Walikota ke ruang kerja dan di sandera bersama sejumlah pengawal. Para ASN yang sedang bertugas sontak keluar daru ruangan mereka masing-masing.

Bahkan ada salahsatu ASN yang histeris menangis karena menyaksikan Walikota pilihan rakyat itu di giring para penculik bersenjata ke lantai dua tempat Walikota bekerja. Sat Pol-PP yang melihat kejadian tersebut langsung menghubungi aparat terdekat. Dengan hitungan menit, satu Batalyon Tim Rider Korem 131 Santiago dengan menggunakan kendaraan lapis baja dengan sejumlah personil terlatih langsung mengepung Kantor Walikota di bilangan Tikala Mando.

Terlihat beberapa Rider menaiki tangga menuju pintu ruangan dimana Walikota di sandera. Seketika itu juga Helikopter milik TNI, menerjunkan sekitar 10 personil lewat sebuah tali tepat di lapangan sparta tikala. Kesepuluh personil Tim Rider kemudian ikut naik ke lantai dua guna menyelamatkan Walikota dan beberapa ASN yang sudah tidak berdaya itu. Tiba-tiba terdengar beberapa kali tembakan dari lantai dua kantor Walikota, dan hal itu membuat seluruh ASN lebih panik. Tak pelak Kepala BP2T Bismark Lumentut yang kantornya tak jauh dari Kantor Walikota langsung keluar dari ruangannya bersama seluruh pegawai.

Tiba-tiba terlihat Walikota dengan dikawal lima personil Tim Rider turun dari lantai dua kemudian memasukan sang Walikota ke kendaraan berlapis baja, dan langsung meninggalkan Kantor Walikota. Terdengar sekitar dua kali tembakan, dan diduga tembakan tersebut disebabkan karena antara tim rider dan para penculik terjadi saling baku tembak.

Tim rider akhirnya mampu melumpuhkan dua orang bersenjata tak dikenal. Tidak lama kemudian satu unit kendaraan ambulance milik TNI tiba di halaman kantor Walikota dan telihat beberapa pasukan menyelamatkan satu personil tim rider yang terluka. Peristiwa ini sebenarnya bukan kejadian beneran, tetapi hanyalah simulasi penyelamatan korban kejahatan yang dilakukan di Kantor Walikota dengan korban penculikan adalah Walikota Manado. Namun demikian simulasi penyelamatan korban kejahatan itu, sempat membuat para ASN panik. Bukan hanya itu, sejumlah Anggota DPRD Manado juga ikut menyasikan simulasi tersebut.

Sementara itu Walikota Manado DR. GS. Vicky Lumentut usai simulasi mengaku awalnya kaget namun ketika diketahui ini hanyalah simulasi maka Walikota pun langsung mengikuti alur ceritanya. Lebih jauh dijelaskannya, bahwa simulasi penanganan kejahatan di Kota Manado sudah sangat perlu, karena kota Manado saat ini sedang gencar-gencarnya dikunjungi wisatawan dari Tiongkok.

”Saya kira simulasi ini perlu di apresiasi. Saya menyampaikan terima kasih kepada TNI dengan pasukan elitnya. Sangat luar biasa. Saypun awalnya kaget karena seperti sungguhan, saya tiba-tiba disandera oleh orang yang memang tidak saya kenal. Cara penyelamatn yang dilakukan oleh tim rider TNI benar-benar cepat dan terstruktur sehingga penyelmatan yang dilakukan tadi, meskipun hanya simulasi tetapi sangat luar biasa,”kata Walikota dihadapan sejumlah wartawan yang ikut menyaksikan simulasi tersebut.

Ditempat yang sama, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto  menjelaskan bahwa latihan atau simulasi penanggulangan kejahatan digelar setiap tahun oleh Kesatuan Raider, dan tahun ini dipusatkan di Manado dengan tujuan untuk meningkatkan profesional Raider. Ditambahkan Agusto, pada tahun 2017 nanti kota Manado akan menggelar berbagai even pariwisata, pastinya akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Manado, sehingga dibutuhkan rasa aman dan nyaman.(JoSE).

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya