» » KEPOLISIAN JERMAN BURU PELAKU SERANGAN TRUK MAUT DI BERLIN

KEPOLISIAN JERMAN BURU PELAKU SERANGAN TRUK MAUT DI BERLIN

Penulis By on Rabu, Desember 21, 2016 |

METRO BERLIN-Pihak Kepolisian Jerman sedang memburu pelaku serangan truk maut. Itu dilakukan sebab diduga pelaku tersebut masih berkeliaran. Diketahui serangan truk maut itu, menewaskan 12 orang di Berlin. Itu sebabnya  Perburuan besar-besaran tengah dilakukan otoritas Jerman.
"Kita tidak bisa mengesampingkan bahwa pelakunya masih berkeliaran," terang Menteri Dalam Negeri Jerman, Thomas de Maiziere, kepada televisi lokal ZDF dan dilansir AFP, Rabu (21/12/2016).
Sedikitnya 24 orang lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit setempat terkait insiden maut pada Senin (19/12) malam waktu setempat ini. Truk maut itu menabrak kerumunan orang dan kios-kios di pasar ornamen Natal yang ada di Berlin.
Sebagaimana dikutip detiknews, satu-satunya pelaku yang ditangkap otoritas Jerman, dilaporkan sebagai pencari suaka asal Pakistan berusia 23 tahun -- telah dilepaskan pada Selasa (20/12) malam waktu setempat, karena kurangnya bukti. Hal ini memicu kekhawatiran baru bagi publik Jerman karena pelaku sebenarnya belum tertangkap.
De Maiziere meyakini penyelidikan yang dilakukan otoritas Jerman akan mengalami kemajuan secepatnya. "Kita harus membiarkan dinas keamanan melakukan tugas mereka," ucapnya.
"Tidak ada yang akan beristirahat hingga pelaku atau para pelakunya ditangkap," tegas de Maiziere kepada televisi Jerman lainnya, ARD.
Secara terpisah, Kepala Kepolisian Jerman Klaus Kandt menyatakan pengamanan akan ditingkatkan sementara perburuan pelaku berlangsung. Kandt juga mengimbau warga Berlin tetap dalam kondisi waspada tinggi.
Kepada televisi ARD, Kandt menyebut setidaknya ada 'satu atau lebih pelaku' yang masih berkeliaran dan diduga bersenjata.
Untuk membantu penyelidikan, tim penyidik Jerman juga meminta publik untuk mengirimkan foto maupun rekaman video apapun dari lokasi kejadian. Identitas pelaku yang tengah diburu otoritas Jerman belum diketahui pasti.(nvc/ita/metro)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya