» » » » DPRD MANADO GELAR STUDY BANDING MENGENAI BUDAYA DAN PARIWISATA DI BENUA EROPA

DPRD MANADO GELAR STUDY BANDING MENGENAI BUDAYA DAN PARIWISATA DI BENUA EROPA

Penulis By on Senin, Desember 26, 2016 |

METRO MANADO-Senin (12/12/2016) sejumlah Anggota DPRD Manado yang dipimpin Ketua Komisi B Revanny Parasan melakukan Study banding pada sector Kebudayaan dan Pariwisata ke Negara Latvia. Robongan DPRD Manado yang terdiri dari Ketua Komisi B Revani Parasan, Robert R. L. Tambuwun Wakil Ketua Komisi, Arthur A. Paath Anggota Komisi A,  Stenly W. Tamo Anggota Komisi C serta didampingi Ayub Junus, selaku  Konsulat Kehormatan Republik Latvia di Jakarta selaku pendamping.
Dari data yang dihimpun metromanado, rombongan atau Delegasi dari Kota Manado yakni sejumlah personil DPRD Manado, meninggalkan kota Manado pada hari senin (12//12/2016), menuju Darah Khusu Ibukota Jakarta. Selanjutnya pada Hari Selasa (13/12/2016), Delegasi meninggalkan DKI Jakarta dengan menggunakan jasa penerbangan Qatar Airways menuju Latvia. Sebelum tiba di Kota Riga Ibukota Neraga Latvia, para Delegasi transit di Doha serta Paris Prancis.  dengan melakukan transit di Doha serta Prancis. Setelah itu, Delegasi Indonesia itu, terbang menuju daratan Eropa pada tanggal 14 Desember dan langsung menuju Kota Riga di Negara Latvia dengan menggunakan jasa penerbangan AirBaltik dan tiba pada Pukul 22.25. Para Delegasi kemudian langsung menuju penginapan yakni Rixwell Old Riga Palace Hotel selama berada di Kota Riga. Jadwal kunjungan para Delegasi diatur oleh Ayub Junus mulai dari Kota Riga hingga ke Swedia.
Kemudian pada hari Kamis, (15/12/2016) sekitar Pukul 09:30 hingga Pukul 10:00 para Delegasi bertemu dengan Valdis Tilgalis selaku Perwakilan Negara Indonesia di Riga (Latvia) selaku Konsul Kehormatan Indonesia yang ikut mendampingi delegasi selama kunjungan di Riga (Latvia). Jadwal selanjutnya Delegasi menuju Latvian Institue Pukul 10:00 s/d 11:10, sebagai instansi pemerintah yang bertanggung jawab melakukan keseluruhan kegiatan promosi & kehumasan negara Latvia. Dan disana Delegasi disambut  Aiva Rozenberga selaku direktur instansi, dan disitulah para Delegasi mendapat pemaparan lengkap tentang bagaimana Negara Latvia mengelola dan mempromosi potensi pariwisata dan kebudayaan serta strategi untuk mendorong perkembangan ekonomi Latvia yang menarik investasi asing.
Selanjutnya Delegasi menuju Kementerian Luar Negeri Republik Latvia pada Pukul, 11:30 s/d 12:00. Disana mereka diterima oleh Sekretaris Jenderal Kementerian, Andrejs Pildegovics yang didampingi oleh Solvita Sare (Sekretaris 2 Divisi Asia dan Oceania) dimana dalam pertemuan tersebut dilakukan pertukaran informasi potensi Indonesia dan Latvia. Dalam pertemuan itu, khusus membahas upaya kerjasama peningkatan kunjungan wisatawan Latvia dan peluang investasi dari Latvia ke Kota Manado serta penjajakan kerjasama sister city antara Kota Manado dengan Kota Riga.
Sebelum melanjutkan Study Banding, Revanny Parasan dan rombongan menggelar makan siang bersama di Restoran Lido Riga pada Pukul 12:00 s/d 13:00. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi National Art Museum (Riga Bourse) pada Pukul 13:15 s/d 13:45, dan bertemu denganDaiga Upeniece sebagai Direktur Museum untuk melihat koleksi seni lukisan dan benda purbakala milik negara Latvia, termasuk lukisan dari pelukis Indonesia, Raden Saleh. Selain itu rombongan, juga diperkenankan untuk melihat langsung sumbangan koleksi benda seni asal Indonesia yang sudah menjadi koleksi resmi museum.

Pukul 13:45-14:15, dilakukan penanda tanganan MOU (Kesepakatan Kesepahaman) antara DPRD Kota Manado dengan Kamar Dagang Eropa-Asia (EACC – European Asian Chamber of Commerce) untuk mendorong, mempromosikan dan memfasilitasi kerja sama ekonomi dan bisnis antara pengusaha Kota Manado dan pengusaha dari Latvia. Kemudian pada Pukul 14:15 s/d 15:30  Berkunjung ke Latvian National Library (Perpustakaan Nasional Latvia) dan bertemu dengan Andris Vilks selaku Direktur Perpustakaan disana para Delegasi mendapat pemaparan terkait cara Latvia mempertahankan koleksi seni dan budaya negara Latvia.
Selanjutnya pada hari Jumat, (16/12/2016) sekitar Pukul 09:30 s/d 10:00, Delegasi bertemu dengan Tereza Strauta, Kepala Divisi Kebudayaan dari Kantor Pemerintah Kota Kuldiga guna bertukar pikiran dan belajar tentang cara Pemerintah Kota Kuldiga mempertahankan kebudayaan mereka dan menjadikan sebagai salah satu obyek penting untuk pariwisata. Masih dihari yang sama, para Delegasi kemudian menuju Kantor Pemerintah Kota Rigapada Pukul 10:00 s/d 11:30, dan diterima oleh Kepala Divisi Protokol Viktors Buls yang memberikan pemaparan tentang sejarah dan keberadaan serta susunan organisasi pemerintah Kota Riga. Delegasi kemudian diberikan kesempatan masuk dan melihat ruang kerja resmi dari Walikota Riga dan ruang kerja DPRD Kota Riga. Setelah itu, Robert Tambuwun dan rombongan diajak mengelilingi Kota riga pada Pukul 11:30 s/d 13:00. Dalam mengelilingi Kota Riga, rombongan mendatagangi sejumlah tempat bersejarah seperti kota tua dengan didampingi  Antra Dzene dari Dinas Pariwisata Kota Riga. Delegasi kemudian makan siang pada Pukul 13:00 s/d 14:00, sekaligus istirahat sejenak.  Pukul 17:30 S tenly Tamo dan personil DPRD Manado liannya Meninggalkan Kota Riga (Latvia) dan menuju Kota Stokholm (Swedia) dengan menaiki kapal penumpang Tallink Isabelle dengan dengan perjalanan kurang lebih satu malam.
Pada hari sabtu, (17/12/2016) Pukul  10:30 Arthur Paath dan rombongan tiba di Kota Stokholm (Swedia) dan dijemput oleh Staff KBRI Stokholm Ira Mamesah dan Tandra di pelabuhan laut Stokholm. Sebelum bertemu dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Negara Swedia dan Latvia yaitu,  Bagas Hapsoro, para Legislator Manado itu diajak berkeliling kota Stokholm, untuk melihat keberadaan bangunan-bangunan tua dan kebudayaan yang menjadi atraksi pariwisata dari ibukota negara Swedia sebagai bahan referensi dan perbandingan untuk pengembangan yang sama untuk Kota Manado.
Tepat Pukul 12:00 Para Delegasi dari Kota Manado itu bertemu  Duta Besar guna melaporkan hasil kunjungan studi banding di Latvia serta melakukan pembahasan mendalam mengenai manfaat yang bisa didapat dari hubungan bilateral antara Kota Manado dengan Latvia & Swedia, khususnya untuk program pengelolahan manajemen sampah menjadi tenaga energi listrik (waste to energy) melalui proyek “City Project INSIST” yang sudah terbentuk antara DEN (Dewan Energi Nasional) dan SEA (Sweden Energy Agency). Pembahasan lainnya mengenai peran penting kunjungan studi banding dari DPRD Kota Manado yang dianggap sangat membantu dan diapresiasi oleh Dubes karena menjadi wujud nyata usaha peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia & Latvia. Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan jamuan makan siang oleh pihak KBRI Stokholm dan berakhir pada Pukul 14:30.
Perjalanan ke Latvia dan Swedia berakhir, dan para Delegasi kemudian meninggalkan Swedia pada Pukul 19.35 dengan menggunakan jasa penerbangan KLM menuju Amsterdam Belanda untuk transit.
Di Amsterdam Rombongan sempat mengunjungi sejumlah tempat pariwisata Kerajaan Belanda sebagai bahan referensi dan perbandingan untuk pengembangan yang sama di Kota Manado.
Satu hari kemudian yakni Senin, (19/12/2016), tepat 09:00 sejumlah personil DPRD Manado itu, mempersiapkan diri untuk kembali ke Indonesia melalui Kota Paris (Perancis) dengan pesawat Qatar Airways. Setelah sebelumnya rombongan menumpang kereta cepat dari Amsterdam (Belanda) ke Paris Du Nord (Perancis) dan ke Bandara Internasional Paris CDG. 21:20 • Delegasi melakukan penerbangan pulang ke Jakarta (Bandara CGK) dari Paris (Bandara CDG) melalui transit di Doha (Bandara DOH).
Selasa, 20 Desember 2016 09:25-21:50 • Setelah melakukan transit di Doha (sesuai jadwal penerbangan), delegasi terbang dari Doha pada pukul 09:25 (waktu Doha) untuk menuju ke Jakarta. Tiba di Jakarta pada pukul 21:50 WIB. Setelah itu Rombongan kembali ke Kota Manado dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.(tim/jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya