» » » NAMA DICATUT, WAWALI MENGAKU TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN TEMPAT HIBURAN DELTA SPA

NAMA DICATUT, WAWALI MENGAKU TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN TEMPAT HIBURAN DELTA SPA

Penulis By on Selasa, November 15, 2016 |

MOR BASTIAN
METRO MANADO-Polemik tentang adanya pemberitaan mengenai Delta Spa yang menggiring nama Wakil Walikota Manado Mor Bastia SE, memBeck Up tempat tersebut, dibantah keras Wawali, menurutnya Delta Spa tidak ada hubungan dengan dirinya. Hanya saja Wakil Walikota mengaku pernah mengarahkan pihak pemilik usaha yakni Kok Angky, untuk membangun Hotel dengan melakukan pengurusan izin di BP2T, supaya usahanya bisa mendatangkan Pendapoatan asli Daerah (PAD) untuk Rakyat Kota manado.
”Memang pemilik usaha tersebut pernah menanyakan soal izin ke BP2T, dan itu saya jawab dengan tegas, lebih baik kamu bangun saja Hotel supaya ada PAD untuk Pemkot Manado,’kata Wawali Mor Bastian seperti dilansir salahsatu media lokal.
Sebelumnya, pemilik usaha Delta Spa Frangky Manorekang mengaku kalau dirinya sempat ada pembicaraan bersama Wakil Walikota (Wawali) Manado Mor Bastian terkait rencana kepengurusan ijin ke BP2T. Hal itu diungkapkannya saat Komisi A DPRD Manado melakukan sidak pada 18 oktober lalu.
“Saya meminta petunjuk Pak Mor soal bagaimana proses mengurus ijin apakah bisa dialihkan, dan beliau katakan “Angky,,lebe bae ngana usaha hotel jo, supaya punya kontribusi bagi pemerintah soal pendapatan daerah, dan saya mengiyakan apa yang menjadi petunjuk beliau,” ujar Ko Angky sedikit mengutip kata-kata Mor Bastiaan.
Ironisnya, bangunan sekarang beroprasi sebagai tempat Spa, padahal awalnya hanya memiliki ijin usaha Home Stay bukan tempat Spa seperti sekarang. Selain itu, bangunan itu telah melewati sepadan jalan.
Disisi lain Ia (Ko Angky) mengaku sudah mengajukan izin ke BP2T beberapa waktu lalu dan sedang dalam proses oleh pihak BP2T. Sementara itu Kepala BP2T Bismark Lumentute SE mengaku, untuk izin Delta Spa sedang dalam preses oleh Tim Teknis.”Kita punya aturan di BP2T mengenai proses penerbitan izin, dan kita memiliki Tim teknis. Mempercepat proses pengeluaran izin bukan semata-mata langsung mengeluarkan izinnya. Kami akan secepat mungkin mengeluarkan izin jika semua persyaratannya sudah lengkap, dan itu adalah tugas Tim teknis untuk melakukan verifikasi hingga ke tempat usaha,”kata Bismark saat di hubungi via tlp yang saat ini sedang mengikuti Assesment hari terakhir, Selasa (15/11/2016). Menurut Bismark, beberapa kali Wakil Wali Kota Mor Bastian melakukan Sidak ke BP2T untuk melihat kerja dari seluruh ASN di BP2T, dan kami mengikuti arahan Wakil Walikota.”Kami sangat senang dan merespon semua arahan Pak Mor Bastian selaku Wakil Walikota, untuk mempercepat pengurusan izin supaya masyarakat secepatnya mendapatkan izin usaha dan sebagainya. Hanya saja kita juga diminta untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dengan melakukan verifikasi dokumen permohonan izin dengan teliti sesuai dengan peruntukannya,”tandas Bismark.
Sementara itu Anggota Komisi A DPRD Manado Arthur Paath mengaku kesal dengan sikap pengusaha Delta Spa yang dianggap kelewat batas.”Sudah ditutup kok tiba-tiba dibuka kembali. Ini namanya perlawanan terhadap peraturan daerah (Perda),”tegas Paath. Dia kemudian meminta ketegasan pihak Sat Pol-PP untuk segera menutup pengoprasian Delta Spa, karena Sat POL-PP adalah polisinya Perda.(Joppy Senduk)
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya