» » DPRD SULUT GELAR PARIPURNA PENETAPAN SATU BUAH RANPERDA BUMD

DPRD SULUT GELAR PARIPURNA PENETAPAN SATU BUAH RANPERDA BUMD

Penulis By on Sabtu, September 17, 2016 |


METRO MANADO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Kamis (15/09/2016), menggelar rapat paripurna DPRD dalam rangka penetapan satu buah Ranperda BUMD yakni PT Membangun Sulut Hebat Perseroan Daerah  menjadi peraturan daerah, bertempat di Ruang rapat paripurna DPRD Sulut.


Wakil Gubernur, Steven Kandouw ikut menandatangani penetapan Perda PT Membangun Sulut Hebat, Perseroan Daerah.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut baik ditetapkanya Perda PT Membangun Sulut Hebat Perseroan Daerah.


Diakui Wakil Gubernur, Drs. Steven Kandouw dengan adanya PT Membangun Sulut hebat akan lebih mengoptimalkan eksistensi dari Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) Bitung. Yang telah terbentuk sesuai dengan PP No 52 tahun 2014.


Lanjut Kandouw, KEK Bitung yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bisa jalan. Diperlukan perusahaan daerah sebagai wakil dari Pemda dalam pembangunan dan pengelolaan KEK, sesuai dengan PP 100 tahun 2012 tentang penyelebggaraan KEK pasal 34 ayat 1.


” Ketika Pemda ingin mengalokasikan APBD ataupun APBN, KEK Bitung untuk membangun infrastruktur dasar dan fasilitas di dalam KEK Bitung. Seperti membeli tanah maka akan dibutujkan suatu mekanisme untuk penyertaan modal dari Pemda. Baik itu Provinsi maupun Kabupaten danKota  ke PT Membangun Sulut Hebat ,” jelas Kandouw ketika menghadiri penetapan Perda PT Membangun Sulut Hebat Perseroan Daerah.


Mantan Ketua DPRD Sulut menegaskan juga, disamping sebagai pengelola,  PT Membangun Sulut Hebat Perseroda dapat juga berfungsi sebagai Pembangun KEK bitung yang juga sesuai dengan PP no 100 tahun 2012 tentang penyelenggaraan KEK pasal 34 ayat 2 yang keuntungannya dapat  menjadi PAD dalam bentuk pembagian deviden bagi pemegang saham jika perusahaan menghasilkan laba.


“Dengan adanya  PT Membangun Sulut Hebat akan  menjadi landasan pijak dan peluang untuk menghantar kita pada percepatan pembangunan daerah di tengah tekad untuk menjadikan Sulut menjadi pintu gerbang indonesia ke asia timur dan pasifik,” katanya. (fer)
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya