» » » HUT RI KE-71 WALIKOTA GSVL BERSAMA ISTRI DIUNDANG KE ISTANA PRESIDEN, WAWALI IRUP DI MANADO

HUT RI KE-71 WALIKOTA GSVL BERSAMA ISTRI DIUNDANG KE ISTANA PRESIDEN, WAWALI IRUP DI MANADO

Penulis By on Rabu, Agustus 17, 2016 |


METRO MANADO-Bangsa Indonesia, Rabu (17/8/2016) hari ini, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71. Itu sebabnya seluruh jajaran Pemerintahan serta masyarakat yang ada di setiap propinsi bahkan seluruh Kabupaten dan Kota s-Indonesia menggelar upacara penaikan bendera, kemudian dilanjutkan dangan rapat paripuirna Istimewa serta penurunan bendera San saka merah puti pada sorenya.

Beraneka ragam kegiatan peringatan HUT RI ke-71 itu, kemudian juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan di setiap kelurahan serta Desa di seluruh pelosok tanah air.

Ada yang menarik yang terjadi di Kota Mnado, dimana Walikotanya yakni DR GS Vicky Lumentut, didampingi istri tercinta Prof DR Paula Lumentut-Runtuwene, diundang langsung Presiden Ir Joko
Widodo ke Istana merdeka, untuk mengikuti upacara kenegaraan peringatan HUT ke-71 di Jakarta.


”Ini kebanggaan bagi masyarakat Kota Manado dan Sulut pada umumnya, sebab salahsatu pemimpin kota di Sulut, mendapat undangan resmi dari Presiden RI Joko Widodo untuk ikut menyaksikan detik-detik proklamasi RI ke-71 bersama Kepala Negara,”kata Ketua Komisi D DPRD Manado Apriano Saerang ST.

Kehadiran GSVL di Istana Merdeka semakin lengkap, tak hanya melekat jabatan Walikota Manado tetapi juga saat ini dipercaya menjabat Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) periode 2016-2021.

“Saya mendapat undangan ini (hadir dalam upacara di Istana Merdeka, red) usai pelaksanaan Munas APEKSI di Jambi. Terima kasih kepada Pak Presiden dan Wapres atas undangan ini,” ucap mantan Ketua Dewan Pengurus APEKSI periode 2012-2016 ini.

Tak lupa Walikota Manado dua periode tersebut mengajak masyarakat Manado untuk tetap menggelorakan semangat kemerdekaan dengan mempertahankan keutuhan Indonesia. “NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harga mati. Mari torang pertahankan, dan mari torang mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, membangun Manado menjadi lebe bae,” ujar Walikota GSVL.

Sementara itu, Wakil Walikota Manado Mor  D Bastiaan. SE menjadi Irup Hari Kemerdekaan RI ke-71 di lapangan Sparta Tikala Manado.
Pada kesempata itu, Wawali Mor Bastian, mengajak warga Manado untuk terus menanamkan semangat kemerdekaan dalam keluarga. Wawali Mor Bastiaan menyerahkan bendera kepada salahsatu Paskibraka untuk dibawa ke tiang bendera kemudian dinaikan oleh penggerek bendera dan dikibarkan hingga sore hari.


Wawali berharap dengan semangat kemerdekaan, warga Manado akan lebih memiliki kesadaran untuk bersama-sama pemerintah membangun Manado yang lebih baik. “Kami berharap adanya dukungan dari warga Manado, untuk membangun kota kita ini menjadi lebih baik, bersih, aman, dan nyaman, untuk terwujudkan visi Manado Kota Cerdas 2021,” ujar Wawali Mor.


Pada kesempatan itu, Wawali kemudian kembali menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan kota Manado, sehingga jika turun huja, saluran tidak mampet dan aliran air bisa berjalan dengan baik, dan masyarakat akan terhindar dari banjir, terutama bagi warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS), agar tetap waspada jika intensitas hujan meningkat, tak lupa juga kepada warga yang tinggal didaerah kemiringan, untuk tetap siaga.

“Bagi mereka yang bermukim di daerah aliran sungai tidak lagi mengotori sungai dengan sampah-sampah yang dibuang sembarang ke sungai. Begitu juga secara umum, buanglah sampah pada tempatnya sesuai peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah. Mari torang jaga bersama kota ini. Jadikan kota Manado sebagai milik kita bersama sehingga baik kebersihan serta tawuran antar kampung dapat diminimalisir,” pinta Wawali.(sw/jose)

Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya