» » KUMTUA MAKALISUNG PIET SENDUK IMBAU MASYARAKAT JAGA KEAMANAN DESA

KUMTUA MAKALISUNG PIET SENDUK IMBAU MASYARAKAT JAGA KEAMANAN DESA

Penulis By on Senin, Juli 25, 2016 |

METRO MAKALISUNG-Berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, adalah tujuan setiap Hukum Tua (Kumtua), dan hal itu diatur lewat Undang-undang Nomor 4 tahun 2014 tentang Pembangunan Desa. Hal ini ditegaskan Sekretaris Desa (Sekdes) yang juga Pelaksana harian Kumtua Desa Makalisung, Piet Senduk, kepada metromanado, Minggu, (24/07/2016) disela-sela perayaan pengucapan syukur di Desa Makalisung Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa.
Menurutnya, Pembangunan Desa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Pembangunan Desa sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 4 tahun 2014.
“Kita tentu akan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan guna mewujudkan Masyarakat Desa yang sejahtera aman dan damai, serta berkeadilan sosial,”ujat Piet.
Ditambahkan Piet, sumber daya alam, yang merupakan sektor pengahasilan utama Desa Makalisung tentu akan terus dijaga, baik dari sektor pemeliharaan serta keamanan sumber daya alam tersebuty. Dijelaskannya, hasil pertanian Masyarakat Desa Makalisung yakni Cengkeh dan Kopra tetap menjadi andalan guna mengangkat ekonomi masyarakat Desa.”Guna meningkatkan taraf ekonomi rakyat, maka hasil pertanian yakni Cengkeh dan Kopra akan tetap dipertahankan. Selain itu, ada juga yang fokus pada hasil penjualan ikan atau nelayan.”Desa kita agak jauh dari pasar, sehingga ada beberapa masyarakat yang melaut, da dari hasil pangkapan mereka dapat di jual di Desa Makalisung dan beberapa Ddesa tetangga seperti Desa Rerer, Kombi, Kolongan dan Kalawiran,”terang Piet. Hanya saja kata Piet, semua hasil pertanian dan hasil para nelayan akan berjalan lancar jika Desa dalam keadaan aman. Itu sebabnya, masyarakat diminta untuk tetap menjaga keamanan Desa bersama-sama dengan Pemerintah. Dari hasil pantauan metromanado, perayaan pengucapan syukur di Desa Makalisung berjalan dengan baik serta ramai.(jose)
Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya