» » INI PERNYATAAN WAKIL KETUA DPRD RICHARD SUALANG SOAL POLEMIK PENYALURAN DANA BENCANA BANJIR MANADO

INI PERNYATAAN WAKIL KETUA DPRD RICHARD SUALANG SOAL POLEMIK PENYALURAN DANA BENCANA BANJIR MANADO

Penulis By on Kamis, Juli 28, 2016 |

RICHARD SUALANG
METRO MANADO-Sejulamlah pernyataan warga korban bencana tahun 2014, lewat sejumlah media cetak dan Online, yang menyatakan ada warga korban bencana yang tidak terdata di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, kembali menusuk hati Wakil Ketua DPRD Manado Dr Richard Sualang. Dia mengatakan, sebagai representasi masyarakat di DPRD Manado, pihaknya tentu tidak akan tinggal diam.”Secara kelembagaan, ini tentu akan menjadi perhatian serius, karena yang kami tau, semua warga korban bencana banjir bandang tahun 2014, sudah terdata semua di BPBD Manado,”tegas Sualang, kepada metromanado, Rabu (27/07/2016, bertempat di kantor DPRD Manado.
Lanjut dikatakan Sualang, dengan adanya keluhan atau aspirasi masyarakat korban bencana, DPRD akan coba mencari bukti data yang benar dari BPBD Manado. Selain itu, dalam proses penyaluran dana bantuan bencana, pihak DPRD akan membentuk tim khusus, yang akan ditugaskan untuk memantau proses penyaluran kepada masyarakat korban bencana.
Disisi lain, putra mantan Wakil Gubernur Sulut almarhum Fredy Sualang ini kemudian mengingatkan instansi terkait yang diberikan wewenang untuk menyalurkan dana bantuan bencana itu, agar menyalurkan dana bencana kepada masyarakat yang benar-benar menjadi korban bencana banjir.”Saya ingatkan, kepada instansi terkait, dalam hal ini BPBD Kota Manado, supaya benar-benar menyalurkan dana bantuan bencana kepada yang berhak untuk menerimanya. DPRD akan segera membentuk tim khusus untuk memantau penyaluran dana bencana itu,”ujarnya. Diapun menyampaikan penyesalannya, kepada BPBD Manado, yang sudah berulang kali melakukan ferivikasi nama-nama penerima dana bencana.”Saya sudah pernah ingatkan lewat beberapa kali hearing, saat warga datang melapor ke Dewan. BPBD tidak pernah memasukan data yang benar. Kan sudah diferivikasi, kok sekarang masih ada ferivikasi lagi. Ada apa ini,”kata Sualang dengan nada tinggi. Dia kemudian meminta, agar BPBD  tidak seolah mempermainkan masyarakat. Jika itu hak mereka serahkanlah kepada mereka. Tetapi jika yang tidak berhak menerima, maka tidak boleh diberikan, karena dana itu adalah dana yang diperuntukan bagi masyarakat yang sudah menjadi korban bencana banjir bandang. Kasian masyarakat. Mereka sudah kehilangan segalanya,”sesal politisi PDI-Perjuangan Manado ini.(jose)



Baca Juga Bertia Metro Terkait Lainnya